Membuka bisnis di kondisi seperti saat ini merupakan jalan atau cara yang marak dilakukan oleh pelaku bisnis baru, maupun yang sudah berpengalaman.  Dengan tingkat kesulitan mencari kerja yang semakin dirasakan, banyak yang mengambil opsi untuk membuka bisnis sendiri agar tetap bisa mendapatkan penghasilan.

Apalagi dengan perkembangan teknologi, memudahkan pelaku bisnis untuk menjalani usaha barunya. Bahkan dengan modal yang tidak terlalu besar seperti menjual makanan atau minuman.

Akan tetapi, terkadang tidak semua bisa dilakukan sendiri. Tentu, untuk bisa menjalaninya lebih mudah, kamu bisa mengajak orang terdekat seperti keluarga atau teman dekat untuk membantumu.

Untuk kali ini, Pintaria ingin membahas mengenai hal apa saja yang diperlukan agar bisa sukses membangun usaha bersama teman kamu. Dilansir dari liputan6, berikut beberapa diantaranya:

 Bisnis dengan Teman yang Kamu Kenal Dekat

Hal ini menjadi penting, karena kamu tahu karakternya. Maka dari itu, ajaklah teman dekat yang memang memiliki karakter yang tangguh, bertanggung jawab, dan loyal terhadap apa ia lakukan setiap harinya.

Ingat Pintarian, dalam menjalani usaha sendiri ada momen naik turunnya keadaan perjalanan bisnis kamu. Untuk itu dengan teman yang tepat, kamu jelas akan bisa bekerjasama untuk bisa saling mengatasinya bersama.

Memiliki visi dan Memiliki Chemistry yang Positif

Saat kamu menjadi bagian dari usaha yang dibangun bersama sahabat. Perbedaan sifat menjadi hal yang wajar, tapi untuk urusan visi dan chemistry dalam membangun usaha, upayakan untuk berada di tempat yang sama. Hal ini untuk menghindari konflik besar dan semakin membangkitkan budaya kerja yang harmonis.

Buat Komitmen dan Kontrak Kerja

Walau menjalaninya dengan teman, bukan berarti tidak ada perjanjian secara profesional. Kamu dan teman tetap harus berkomitmen menjalani tanggung jawab kerja dengan baik. Dan untuk lebih memastikan adalah dengan membuat kontrak kerja resmi.

Adanya kontrak kerja resmi atau perjanjian yang jelas, merupakan upaya menghindari konflik yang sifatnya teknis dan sepele. Dan juga meminimalisir rasa tidak adil, karena semua sudah dibahas di kontrak kerja antara kamu dan teman.

Pembagian Tugas yang Jelas dan Sesuai dengan Kemampuan

Mengenai pekerjaan dan tanggung jawab yang perlu dilakukan, sebisa mungkin harus sudah dipikirkan dan direncanakan oleh kamu dengan teman.  Buat draft dan rencana pekerjaan dalam menjalani usaha atau bisnis kamu.

Ingat, dalam pembagian tanggung jawab.  Adil belum tentu sama. Jika beban dan tanggung jawab kamu lebih besar. Maka  secara penghasilan tentu lebih besar, begitu pula sebaliknya.

Bagi tugas sesuai dengan tanggung jawab dan kemampuannya. Dan pastikan semuanya ada di kontrak kerja juga, agar bisa dipertanyakan dan sanksi apa yang diberikan, apabila kamu atau teman tidak bisa menjalaninya dengan baik.

Baca juga: Kursus Prakerja untuk yang Ingin Buka Usaha

Teman tapi Profesional

 Disinilah risiko yang harus kamu pahami antara kamu dan teman saat membangun bisnis. Kelak perbedaan pendapat dan konflik terkait bisnis tidak bisa dihindari. Hanya saja pastikan kamu dan teman  tetap profesional dalam menjalaninya. Dan jangan jadikan perbedaan dalam urusan bisnis berdampak pada hubungan personal.

Selain itu, kamu dan juga teman harus berkomitmen dan disiplin. Jangan terlena dengan jalinan persahabatan membuat kinerja menjadi lebih santai atau permisif. Bisnis tetap bisnis,  jangan dicampuradukkan Pintarian.

Bagaimana Pintarian? tertarik untuk membangun bisnis bersama teman kamu? Intinya, bila akhirnya memutuskan untuk membangun usaha bersama.  Tetap ada risiko yang harus kamu pahami, setidaknya  ada beberapa hal yang bisa kamu hadapi kelak, yaitu sukses bersama atau gagal bersama. Tapi pastikan jangan sampai, bisnis tersebut merusak persahabatan yah!