Beberapa tahun kebelakang demam drama Korea sangat gencar menjamah hasrat publik Indonesia sampai-sampai sinetron Indonesia pun banyak merefensikan cerita drama Korea untuk di aplikasikan di layar kaca. Tak hanya sampai situ, kemudian soundtrack drama Korea di gandrungi hingga musik K-Pop hadir di Indonesia. Sebutkan saja girlband dan boyband asal Korea seperti SNSD, BTS, Seventeen, PSY, Wanna One dan masih banyak lainnya yang berlomba merajai tangga musik dunia. Banyak konser yang banyak diselenggarakan di Indonesia bahkan di acara televisi pun mengundang bintang K-Pop.

Namun, seperti halnya negara lain pun Musik Korea gak harus soal K-Pop yang ramai dengan boyband dan girlband nya. Masih banyak genre musik lain yang bisa kamu nikmati. Salah satunya kamu bisa menikmati band indie asal Korea, Hyukoh.

Hyukoh secara resmi dibentuk pada bulan Mei 2014, band ini terdiri dari Oh Hyuk, Im Dong-geon, Lim Hyun-jae, dan Lee In-woo, semuanya lahir pada tahun 1993.

Karena kedua orang tua Oh Hyuk adalah dosen universitas,  membuat Oh Hyuk dibesarkan di berbagai kota di China Utara (Jilin, Shenyang, dan Beijing) dari usia 5 bulan sampai 18 tahun. Setelah menyelesaikan sekolah menengah atas di tahun 2012, Oh Hyuk pindah ke Korea Selatan sendirian untuk mengejar impian bermusiknya di negeri gingseng dan jauh dari orang tuanya yang menentang keinginannya untuk bermusik. Oh Hyuk menguasai tiga bahasa, bahasa Mandarin Cina, Korea, dan Inggris; dan pengaruh budaya yang beragam secara langsung tercermin dalam musik Hyukoh.

Hyukoh merilis debut mereka EP 20 pada tanggal 18 September 2014. Pada tahun 2015, band ini menjadi dikenal luas di Korea Selatan setelah berpartisipasi dalam Summer Music Festival di berbagai program populer Korea Infinite Challenge.

Band ini mendapat tanggapan positif dari kritikus dan publik, yang masuk dalam daftar sepuluh besar Billboard World Albums Chart dua bulan setelah merilis mini album kedua mereka, 22.

Hyukoh  telah membantu membuka jalan bagi munculnya band-band indie, yang semakin banyak di Seoul. Musik mereka adalah suara yang menyegarkan bagi dunia musik Korea itu sendiri. Dengan pop dan hip-hop yang telah mendominasi industri ini sampai sekarang, dan musik Hyukoh diterjemahkan dengan baik oleh petikan gitar dan suara serak Oh Hyuk yang hangat dan sangat nyaman untuk dinikmati.

Gayanya yang berbeda dengan kultur musik Korea, membuat musik Hyukoh tembus dalam tangga lagu Billboard. Hal ini dapat dibuktikan dari fanbase mereka yang tersebar di seluruh dunia, dan terlihat dari berbagai konser Hyukoh yang tiketnya berhasil terjual habis di beberapa kota seperti Tokyo, New York, Kuala Lumpur, San Fransisco, Los Angeles, London, Paris, Amsterdam, Bangkok, dan lainnya.

Setelah gelombang K-Pop yang diwakili oleh boyband dan girlband berdatangan ke Indonesia, kali ini giliran ranah K-indie, alias Korean indie band yang menyusul!

JUNI Concert, promotor musik yang berdiri sejak tahun 2015 dan merupakan divisi dari Juni Suara Kreasi ini mendatangkan Hyukoh ke Jakarta di akhir tahun 2017 ini! Mengambil tempat di The Establishment, SCBD, Jakarta, konser band yang terbentuk di tahun 2014 ini akan digelar pada hari Senin, 27 November 2017 mendatang.

Sudahkah kamu menghafalkan lirik-lirik Hyukoh? Kamu tidak akan mengalami lidah kaku saat menyanyikan lirik Bahasa Korea dari Hyukoh jika kamu telah bergabung dengan Kursus Bahasa Korea di sini!