Dunia perkuliahan menjadi tantangan baru bagi kamu menjalani dunia pendidikan. Dimana kamu tidak hanya kamu memiliki kebebasan lebih untuk memilih kampus tapi juga jurusan sebagai daya tarik yang kelak menjadi lebih dekat dengan karir impianmu.

Dengan segala persiapan saat kamu ingin mengawali pendidikan di bangku kuliah. Masih banyak mitos yang beredar terkait jurusan dan pilihan kamu saat menjalaninya. Jangan percaya yah Pintarian, beberapa mitos yang ada tidak hanya membuatmu bingung, tapi juga bisa mengganggu mental jika berjalan tidak sesuai rencana nantinya.

Mau tahu mitos apa saja seputar dunia perkuliahan? Ini dia beberapa diantaranya

Jurusan Kuliah Menjadi Penentu Karir Masa Depanmu

Merupakan pandangan yang umum, jika kamu menganggap bahwa jurusan yang kamu pilih kelak akan memiliki pengaruh pada karir yang kelak kamu inginkan. Tapi bukan berarti hal tersebut menjadi hal yang mutlak, karena banyak orang yang sukses menjalani karirnya dengan jurusan berbeda pada saat kuliah.

Banyak alasan yang bisa menyebabkan hal ini terjadi, salah satunya seperti terbangun networking saat kuliah sehingga kamu tertarik mencoba hal baru atau terbentuk minat lain untuk menjalani karir di bidang sesuai hobi atau hal yang kamu suka. Apa pun alasannya, jangan sampai kamu merasa putus asa atau gagal jika kelak belum mendapatkan karir sesuai jurusan, karena siapa tahu ada peluang emas lain sedang menunggumu.

Sukses karena Lulus dari Universitas Ternama

Mitos ini juga termasuk yang masih hangat saat ini. Dan tidak sepenuhnya benar, karena menjadi lulusan universitas terkenal tidak selalu menjamin kesuksesan karir kamu. Banyak hal lain juga menjadi pengaruh, lebih dari sekadar gelar yang kamu dapatkan dari kampus.

Pertimbangan lain yang juga tidak kalah penting adalah kemampuan soft skill, hard skill,  dan tentunya jaringan atau networking yang kamu bangun dan miliki.

Jadi, kamu tidak perlu berkecil hati apabila tidak diterima di kampus pilihanmu. Dengan meningkatkan skill atau kemampuanmu, maka kamu juga berpeluang besar untuk menjadi sukses nantinya.

Ada Jurusan Mudah dan Sulit

Terkadang dari beberapa alasan untuk memilih, masih saja ada yang mencari jurusan yang dirasa mudah dan menghindari yang susah.  Faktanya, tidak ada jurusan yang gampang dan susah. Semua itu tergolong relatif dan  tidak bisa disamakan.

Intinya, semua jurusan yang ada memiliki kesulitannya masing-masing, dan sekaligus menyesuaikan dengan kemampuan mahasiswanya. Jadi bisa saja, jurusan hukum yang kamu ambil tergolong susah tapi mudah untuk orang lain.

Tapi bukan berarti tidak mungkin yah, kesulitan yang kamu hadapi seharusnya membuat kamu merasa semangat dan tertantang untuk bisa dan mencari solusinya.

Baca juga:Tips Persiapan Mengikuti Tes Perguruan Tinggi

Mahasiswa Memiliki Kebebasan untuk Tidak Masuk Kelas

Berbeda dengan masa sekolah, kuliah memiliki jadwal yang berbeda. Bahkan seiring waktu , bisa saja kamu dalam seminggu, masuk kuliah hanya 2 hingga 3 kali. Kondisi ini terkadang membuat mahasiswa merasa bebas untuk tidak masuk kelas dan titip absen dengan temannya.

 Padahal dalam perkuliahan, jumlah absen kamu  dibatasi. Biasanya dalam satu mata kuliah, kamu hanya diberikan beberapa kali absen tidak masuk tanpa keterangan.

Hal lain yang juga akan berpengaruh adalah nilai kamu sendiri nantinya, bahkan bisa jadi kamu tidak lulus untuk mata kuliah tersebut. Walau dengan nilai tugas dan lainnya bagus.

Nah, apabila kamu mau kuliah dengan jadwal lebih fleksibel. Coba kuliah blended learning aja. Mau tahu lebih lengkapnya? Klik disini