Metode Work From Home yang Bisa Membuat Pekerjaanmu Berantakan

 Menjalani WFH atau work from home, menjadi solusi beberapa perusahaan terhadap kondisi pandemi covid-19.  Dengan lingkungan berbeda saat menyelesaikan pekerjaan. Tentu saja ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan.

Awalnya, kamu mendapatkan kesan menyenangkan untuk bisa melaksanakan pekerjaan di rumah, tapi di sisi lain WFH punya masalah yang tidak boleh dianggap mudah, karena di rumah, kamu akan menemui lebih banyak kendala yang membuat pekerjaan kamu tertunda bahkan gagal.

Dan bukan sekadar kamu yang menjalani WFH saja. Menjalani kelas karyawan, blended learning, dan sekolah di rumah pun bisa saja tertunda karena beberapa kesalahan ini, berikut beberapa diantaranya:

Tidak memiliki Jadwal

 Dengan wilayah kerja yang pindah ke rumah, berarti ada beberapa aturan baru yang perlu kamu tegaskan. Khususnya, saat kamu memang dibutuhkan untuk fokus dalam menyelesaikan pekerjaan.

Pada pagi atau malam sebelumnya, kamu sudah menyiapkan beberapa catatan penting mengenai apa saja yang kamu akan kerjakan dan selesaikan. Tegaskan pada diri kamu, bahwa apa yang kamu tulis harus disiplin dan fokus untuk dikerjakan tanpa adanya gangguan.

Mulai dari yang terpenting hingga yang lebih fleksibel saat mengerjakannya, memungkinkan kamu untuk bisa menyelesaikan pekerjaan yang sulit di awal dan lebih santai saat mengerjakan pekerjaan yang lebih mudah.

Jarang Komunikasi

Harus bersyukur dengan era teknologi yang kian canggih, seperti saat ini. Coba kamu bayangkan jika harus melakukan WFH dan berkomunikasi dengan teknologi terbatas. Bisa jadi, koordinasi pekerjaan dengan tim kamu pasti akan sulit. Jika dibandingkan saat ini, dimana beragam aplikasi chat dan video conference yang begitu memudahkan perusahaan agar tetap bisa berkomunikasi dengan baik dan cepat.

Akan tetapi, dengan apa yang dimiliki teknologi akan tidak efektif bila kamu tidak berkomunikasi dengan tim atau rekan kerja secara maksimal.Maka dari itu, sering-seringlah bertanya dan berkomunikasi. Agar pekerjaan yang kamu lakukan di rumah, tetap memiliki kualitas yang baik dan menghindari terjadinya miss communication.

Baca juga: Tips Pencegahan Covid-19 Saat Tetap Berangkat Kerja di Situasi Pandemi

Bekerja di Tempat yang Terlalu Nyaman  

Saat bekerja di kantor, kamu berada di tempat yang memang didesain untuk membuatmu bekerja. Tapi lain halnya saat melakukan WFH. Dengan kebebasan yang lebih dibandingkan kantor. Tentu kamu memiliki beragam opsi tempat untuk kemu melakukan WFH.

Tapi jangan melakukannya di tempat seperti kasur, sofa, atau tempat lain yang rentan terhadap gangguan. Cobalah mencari tempat yang nyaman dan tenang yang memang memungkinan kamu untuk lebih fokus dalam bekerja.

Mencampur Urusan Bisnis dan Pribadi

Saat lokasi bersantai dan pekerjaan berada dalam satu tempat. Maka bukan tidak mungkin urusan pribadi dan bisnis rentan untuk bercampur. Keadaan seperti itu, jelas akan membuatmu untuk tidak bisa bekerja dengan baik.

Bila kamu mengalami kondisi seperti ini, cobalah untuk cermat membagi waktu antara urusan rumah dan pekerjaan. Dan tegaskan, saat memang sudah waktunya kamu menjalani pekerjaan kantor kamu untuk tidak mengalami gangguan, kecuali untuk urusan yang darurat.

Pintarian, bila sudah bisa menuntaskan beberapa permasalahan yang bisa membuat pekerjaanmu tertunda. Kini kamu bisa WFH,menjalani kelas karyawan, dan blended learning dengan lebih maksimal.

Leave a Comment

Pintaria Blog
Upgrade Dirimu Sekarang!
No any image found. Please check it again or try with another instagram account.