Menginspirasi, 5 Pengusaha Sukses di Indonesia

Menjadi seorang pengusaha yang memiliki bisnis sendiri memang tidaklah mudah. Ada banyak hal yang harus kamu lalui dan hadapi hingga akhirnya bisnismu menjadi besar dan banyak dikenal oleh orang. Namun, semua hal yang harus dilalui akan sangat berharga karena kamu tahu bagaimana caranya mengembangkan bisnis sekaligus mempertahankannya. Untuk menambah semangat dan motivasimu dalam mengembangkan bisnis, berikut lima kisah pengusaha sukses di Indonesia!

Johnny Andrean – J.CO

Tidak ada yang menyangka bahwa brand J.CO adalah asli produk dalam negeri. Kebanyakan mengira bahwa brand ini adalah waralaba luar negeri yang membuka cabang di Indonesia. Johnny Andrean adalah orang yang berada di balik nama J.CO. Ia mulanya memiliki usaha salon yang sangat terkenal. Setelah usaha salon sukses, ia mencoba membuka franchise di bidang kuliner dengan membuka gerai perusahaan roti asal Singapura, BreadTalk, di Indonesia.

Pengusaha sukses di Indonesia ini kemudian mencoba mengembangkan bisnis sendiri di bidang kuliner. Berbekal ilmu yang ia dapat ketika menjalankan usaha franchise BreadTalk, Johnny Andrean memutuskan membuka usaha J.CO Donuts & Coffee dengan gerai pertama pada tahun 2005. Kini, J.CO sudah memiliki lebih dari seratus gerai di Indonesia.

Baca juga: 4 Usaha Modal Kecil Dengan Untung Besar

Mesty Ariotedjo – WeCare.id

Pengusaha sukses di Indonesia yang berikutnya datang dari profesi dokter. Ia adalah Mesty Ariotedjo, dokter sekaligus model dan pemain harpa yang cukup terkenal. Mesty memiliki ide bisnis kreatif inovatif portal WeCare.id yang memiliki tujuan mengumpulkan dana untuk para pasien di daerah terpencil. Berkat usahanya ini, Mesty Ariotedjo pernah masuk daftar pengusaha sukses di Indonesia pada kategori Healthcare & Science serta menembus daftar Forbes 30 under 30.

Jason Lamuda – Berrybenka.com

Bekerja sebagai Business Analyst selama dua tahun di McKinsey & Company menjadi bekal Jason Lamuda untuk memulai startup digitalnya sendiri. Ia adalah orang di balik website fashion terkenal di Indonesia, Berrybenka.com. Sejak pertama kali dirintis, Berrybenka.com telah mengalami perkembangan yang pesat. Jangkauan pasar Berrybenka.com pun makin luas dengan adanya beragam kategori produk yang variatif seperti skin care, makeup, dan apparel olahraga.

Hendy Setiono – Baba Rafi

Hendy Setiono adalah sosok di balik nama Baba Rafi, brand asli Indonesia yang menjual makanan kebab khas Timur Tengah. Ia memiliki ide kuliner kebab saat ia tengah berkunjung ke Qatar. Bersama dengan Hasan Baraja, ia kemudian membuka usaha kuliner kebab dengan modal Rp4 juta saja. Belasan tahun berjalan, Baba Rafi sudah berhasil memiliki banyak cabang, bahkan hingga ke luar negeri seperti China, Filipina, Malaysia, dan Sri Lanka.

Tidak sampai hanya di situ, Hendy Setiono juga berhasil memperluas bisnisnya dengan membuat website babarafi.com yang merupakan bagian dari PT Baba Rafi Indonesia. Perusahaan ini fokus pada penjualan franchise Kebab Turki Baba Rafi. Dari usahanya, Hendy Setiono menjadi salah satu pelopor waralaba asal Indonesia yang cukup sukses mendunia.

Diajeng Lestari – HijUp

Nama Diajeng Lestari mungkin belum terlalu kamu kenal. Namun, brand dan e-commerce digitalnya sudah pasti sangat kamu tahu. Yes, ia adalah orang di balik brand HijUp yang menawarkan berbagai model dan corak hijab untuk dikenakan oleh wanita muslim. Tidak hanya hijab, usaha Diajeng Lestari ini juga menjual aneka koleksi pakaian muslim lainnya seperti tunik, scarf, dan long dress. Merintis usaha sejak tahun 2011, kini HijUp mulai banyak dikenal oleh masyarakat dan memiliki pelanggan setia.

Kisah pengusaha sukses di Indonesia tidak dicapai dengan perjalanan yang mudah. Mereka pasti mengalami masa-masa sulit serta menghadapi berbagai rintangan untuk membuat bisnisnya berkembang. Satu hal yang pasti, seorang pengusaha harus memiliki pengetahuan dan skill yang andal. Untuk itu, kamu bisa upgrade skill dan pengetahuan melalui kelas dan training online yang ada di Pintaria! 

Leave a Comment

Pintaria Blog
Upgrade Dirimu Sekarang!
No any image found. Please check it again or try with another instagram account.