Mengatur Waktu Lebih Efektif, Lakukan 6 Hal Ini

Dengan kesibukan yang kamu jalani, baik itu kerja, sekolah, maupun kuliah. Terkadang kamu akan menghadapi  permasalahan dalam membagi waktu yang efektif. Apalagi jika kegiatan yang kamu jalani tergolong banyak.

Bingung dalam memilih dan menjalani, bahkan kemungkinan terburuknya adalah pekerjaan yang kamu lakukan dapat selesai namun tidak maksimal atau bahkan bisa terhambat. Dan yang paling parah adalah jika aktivitas kamu mulai memengaruhi kehidupan sosial kamu. Wah jangan sampai yah Pintarian.

Bila kamu membutuhkan cara yang efektif dalam mengatur waktu. Pintaria punya beberapa tips nih, yang dapat kamu lakukan agar pekerjaan dan aktivitas yang kamu jalani dapat dilakukan secara maksimal tanpa memengaruhi kehidupan sosial kamu.

Buat Rencana Kerja

Mulailah dengan membuat rencana apa saja yang perlu kamu lakukan. Mulai dari harian, mingguan, bahkan jika kamu mulai terlatih yakni hingga bulanan dan tahunan. Dengan begitu setiap hal yang kamu lakukan dapat berjalan dengan pola yang teratur dan dapat beradaptasi jika terdapat perubahan mendadak yang datang.

Baca juga: Tips Mengatur Keuangan Pribadi yang Baik

Buatlah Skala Prioritas

Saat kamu sudah mulai membuat rencana kerja atau to-do list yang baik. Kini kamu bisa membaginya menjadi beberapa aspek, dari yang terpenting hingga yang paling fleksibel atau non prioritas.

Jika sudah membuatnya, fokuslah untuk segera menyelesaikan yang terpenting atau prioritas terlebih dahulu sebelum beralih ke yang lainnya, karena biasanya hal yang masuk dalam kategori prioritas membutuhkan banyak energi dan konsentrasi kamu.

Tentukan Batas Waktu

 Faktanya setiap hal yang kamu lakukan, harus memiliki target dan jangka waktu. Jika tidak, maka besar kemungkinan akan rentan untuk tertunda hingga terbengkalai. Maka dari itu, dengan membuat batas waktu atau deadline, maka bisa mengatur jadwal kamu untuk bisa menyelesaikan pekerjaan dengan baik dan tepat waktu. Dan pastinya membuat kamu lebih bertanggung jawab dengan setiap pekerjaan yang kamu lakukan.

Kelebihan lain dari menentukan batas waktu dari setiap aktivitas kamu yaitu memberikan ruang lebih untuk evaluasi, apabila pekerjaan yang kamu selesaikan membutuhkan perbaikan atau revisi.

Hindari Multitasking

 Jika kamu berpikir menjalani berbagai macam aktivitas dalam satu waktu merupakan hal yang yang hebat. Mungkin benar adanya. Akan tetapi disisi lain punya risiko yang besar untuk kamu hadapi.

Hal pertama bisa terjadi adalah hasil yang kamu kerjakan tidaklah maksimal, karena kamu membagi fokus dan konsentrasi ke beberapa hal secara bersamaan.  Dan bisa membuat otakmu cepat mengalami kelelahan dibandingkan mengerjakannya satu per satu.

Efek terburuknya kamu bisa mengalami stres berat. Apabila multitasking yang kamu kerjakan beberapa diantaranya membutuhkan fokus penuh untuk menyelesaikannya.

Minta Tolong Teman

Bila kamu memiliki banyak pekerjaan, tidak perlu malu untuk meminta tolong teman atau rekan kerja, khususnya untuk pekerjaan yang sifatnya tidak terlalu prioritas. Dengan begitu, kamu bisa lebih fokus dalam mengerjakan pekerjaan yang memang membutuhkan seluruh energi dan konsentrasi untuk menyelesaikannya.

Jangan Lupa Istirahat

 Dari setiap pekerjaan ke pekerjaan lainnya. Usahakan memberikan waktu untuk tubuh kamu beristirahat.  Setidaknya 15 menit untuk meregangkan otot, tidur siang, atau sekadar mengambil napas segar di area sekitar kantor.

Bila kamu secara terus menerus bekerja dari satu tugas ke tugas lain. Besar kemungkinan terjadinya penurunan kualitas. Maka dengan adanya jeda untuk beristirahat, kamu memberikan waktu tubuh kamu untuk lebih siap kembali memanas saat dibutuhkan.

Leave a Comment

Pintaria Blog
Upgrade Dirimu Sekarang!
No any image found. Please check it again or try with another instagram account.