Memulai pekerjaan di tempat baru memang menjadi pengalaman yang menegangkan bagi beberapa orang. Apalagi jika kamu baru lulus sekolah, kuliah, atau blended learning.

Bingung, gugup, dan stres merupakan beberapa hal yang umum kamu rasakan untuk bisa beradaptasi dengan tanggung jawab dan lingkungan pekerjaan. Tapi, jangan sampai perasaan tersebut berjalan terlalu lama yang bisa berakibat pada kualitas kerja kamu yang tidak maksimal.

Pintaria punya beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar seiring waktu kamu menjadi terbiasa dengan kondisi yang kamu jalani, dan bisa bekerja seperti biasa.

Simak beberapa diantaranya:

Temukan dukungan

Kalau kamu orang yang pandai berbaur dengan lingkungan baru, cobalah untuk mendapatkan dukungan dari rekan-rekan kerjamu. Namun, selain itu kamu juga bisa mendapatkan dukungan dari keluarga atau sahabatmu.

Ceritakan pada mereka apa yang membuatmu merasa stres. Selain perasaanmu akan jauh lebih lega setelah menceritakannya, mereka pun akan memberikan kamu saran dan motivasi. Sehingga kamu juga akan merasa semangat lagi untuk menjalani pekerjaan baru tersebut.

Jangan takut bertanya

Berada di lingkungan yang baru memang membutuhkan waktu untuk melakukan penyesuaian. Jadi, jangan pernah merasa sungkan untuk bertanya. Dengan bertanya sebelum melakukan sesuatu yang enggak kamu yakini, itu akan menghindarimu dari kesalahan.

 Selain itu, dengan bertanya mereka akan menilai bahwa kamu bersungguh-sungguh dalam bekerja. Bukan hanya itu saja. Kamu juga bisa membangun hubungan dengan rekan kerja jika kamu bertanya dan berinteraksi dengan mereka.

Baca juga: Cara Instan Membangkitkan Mood Belajar

Kelola Stres

Ketika kamu mulai merasa stres, cobalah untuk meredakannya dengan melakukan latihan pernafasan. Hal ini dapat membantu memperlambat respon fight-or-flight yang biasanya dialami ketika seseorang sedang merasa stres.

Selain melakukan latihan pernafasan, kamu juga bisa meninggalkan meja kerja untuk berkeliling-keliling sebentar. Atau mungkin, kamu juga bisa membeli bola stres untuk kamu letakkan di meja kerja.

Ingat bahwa ada step

Ingatlah bahwa segala sesuatu pasti akan terasa sulit di awal. Tapi setelah terbiasa, nantinya pekerjaan tersebut pun akan terasa lebih mudah. Begitupun dengan pekerjaanmu. Lambat laun kamu akan merasa terbiasa dan kemudian merasa pekerjaan tersebut akan lebih mudah.

Nikmatilah proses tersebut sebagai tahap pembelajaranmu. Semuanya akan bisa dilakukan karena terbiasa. Jadi, jangan mudah putus asa ya, Pintarian!