Apakah kamu sering membaca atau mendengar istilah SEO? SEO adalah kependekan dari Search Engine Optimization, salah satu strategi pemasaran yang efektif dan hemat biaya. SEO menjadi hal penting yang perlu dipelajari agar bisnis semakin maju. Jika kamu penasaran mengenai definisi lebih lanjut serta cara kerja SEO, berikut penjelasan lengkapnya.

Pengertian SEO

SEO adalah sebuah teknik yang diterapkan dalam marketing untuk menaikkan peringkat sebuah website di search engine atau mesin pencarian Google. Dalam artian, Google akan menilai peringkat dan kelayakan sebuah website untuk ditampilkan di halaman terdepan dalam mesin.

Tidak hanya sekali atau dua kali, kamu perlu untuk mengoptimasi website sesering mungkin agar tetap relevan. Nantinya, SEO akan mendatangkan manfaat seperti kenaikan traffic website yang akan berguna untuk membuat bisnis kamu semakin dikenal.

Traffic website juga dibagi menjadi 3 komponen, yakni kuantitas, kualitas, dan traffic organic. Memang tidak ada jaminan 100%, tetapi semakin banyak kuantitas traffic yang didapatkan, maka dapat meningkatkan potensi calon pembeli. Traffic organic adalah SEO yang gratis tanpa bantuan iklan.

Manfaat SEO

Manfaat utama dari penerapan SEO adalah traffic website yang semakin meningkat. Banyaknya pengunjung sebuah website juga menandakan bahwa bisnis tersebut semakin dikenal.

Dalam kata lain, SEO juga berfungsi sebagai media pemasaran yang efektif. Bukan tidak mungkin jika website milikmu akan menjadi salah satu website yang sering dikunjungi karena kualitas konten yang dibuat. Secara tidak langsung, ini juga akan meningkatkan keuntungan karena akan ada banyak tawaran pemasangan iklan di website atau blog milikmu.

Terlebih jika website tersebut menjadi sarana jual beli sebuah produk. Produk yang dipasarkan juga akan semakin laris terjual karena banyaknya orang yang datang. Mengingat search engine seperti Google menjadi sumber informasi utama yang selalu digunakan setiap orang, mengoptimasi website dengan SEO mampu meningkatkan kredibilitas serta brand awareness sebuah produk.

Segelintir manfaat SEO di atas bisa didapatkan dengan mudah melalui penerapan SEO. Berikut ini adalah cara kerja SEO yang bisa kamu pelajari agar lebih mampu mengimplementasikan SEO ke dalam website milikmu sendiri.

Crawling

Cara kerja SEO dimulai dari crawling, sebuah proses pengumpulan informasi yang dilakukan oleh search engine. Seluruh website, dari satu link ke link lainnya, akan terkumpul untuk selanjutnya diproses lebih lanjut.

Indexing

Sering dianggap sama dengan crawling, tahapan cara kerja SEO yang satu ini cukup berbeda. Setelah Google menemukan dan mengumpulkan beberapa website yang relevan, saatnya untuk mencatat dan menyimpannya dalam database search engine. Dalam kata lain, inilah tahapan di mana Google menilai apakah sebuah website layak untuk ditampilkan dalam halaman pencarian.

Processing

Cukup mengetik keyword atau hal yang ingin dicari, Google akan menampilkan beberapa halaman yang berisi link website dengan keyword yang sesuai. Inilah yang disebut processing, Google akan mencocokkan indeks yang sudah dibuat dengan keyword yang diketik oleh pengguna.

Baca juga: Mau Bekerja di Media Digital? 5 Bidang Ini Bisa Jadi Pilihanmu!

Calculating Relevance

Sesuai dengan namanya, tahapan ini mencakup Google yang sedang menilai tingkat relevansi sebuah konten website dengan keyword yang dicari oleh pengguna. Dari sekian banyak kata dalam sebuah website, Google mampu menentukan seberapa relevan konten tersebut dengan apa yang dicari melalui algoritma Google.

Hasilnya

Setelah rangkaian tahap cara kerja SEO yang sudah dilakukan, akhirnya Google dapat menampilkan halaman-halaman berisi link website yang relevan serta sesuai dengan keyword yang diketik pengguna. Dari hasil ini, Google juga melakukan penilaian atau ranking, berdasarkan pada pencarian yang dilakukan.

Itulah tahapan dan cara kerja SEO dalam dunia bisnis, terutama bidang marketing. Kamu bisa mengikuti kurus atau menggunakan software dan layanan berbayar sebagai langkah awal memulai SEO. Tentunya, kamu juga bisa meningkatkan kualitas konten website dengan cara-cara yang sesuai.