Saat kamu memasuki masa kuliah, ada banyak pengalaman baru yang kamu dapatkan selain materi kuliah yang kamu pelajari untuk kebutuhan  masa depan dan karir kamu kelak.

Masa kuliah juga menjadi perjalanan awal bagi kamu dari seorang remaja menjadi pribadi yang dewasa dan bertanggung jawab akan setiap keputusannya, sekaligus mempersiapkan diri lebih matang untuk masuk dunia kerja nantinya.

Melalui pendidikan di perguruan tinggi kamu juga berkesempatan untuk melatih dan mengembangkan diri lebih baik dengan memanfaatkan waktu untuk pula mempelajari ilmu dan wawasan melalui organisasi kampus dan sejenisnya.

Meskipun begitu,melalui bangku kuliah kamu juga diharuskan lebih selektif dalam beberapa hal. Termasuk salah satunya adalah memilih teman kuliah.

Memang, untuk kesempatan mengenal orang, kamu memiliki kebebasan. Hanya saja, untuk sosok yang dekat dengan kehidupan kuliah kamu. Peran teman kuliah yang tepat, akan banyak membantu kamu dalam mencapai tujuan positif di bangku kuliah.

Untuk lebih jelas, simak beberapa alasan mengapa kamu harus memilih teman kuliah yang tepat.

Menentukan Pola Berpikir dan Tindakanmu

Dengan berteman atau menjadi bagian dari kelompok tertentu, disadari atau tidak akan banyak mempengaruhi pola pikir dan caramu bertindak. Walau pada awalnya kamu memiliki pendirian yang kuat, tapi seiring waktu dalam upaya beradaptasi dengan lingkungan. Kamu akan berubah secara perlahan.

Maka dari itu, akan sangat bahaya jika  kamu berteman dan berada di kelompok pertemanan yang salah. Dan akan sangat  membantu jika yang terjadi sebaliknya, menjalin persahabatan dengan individu yang semangat belajar dan maju, tentu akan membuatmu semakin terpacu untuk mengikutinya dan pada akhirnya terbentuk kebiasaan positif dalam dirimu.

Membentuk Motivasi dan Mempersiapkan Masa Depan

Bayangkan kamu menjalin pertemanan dengan orang yang malas. Seberapa besar semangat dan motivasi kamu untuk menambah wawasan akan kalah jika beberapa teman kamu memilih jalur lain seperti bolos kuliah dan sejenisnya.

Dan karena perasaan tidak enak dan hadir sebagai minoritas, akhirnya kamu memilih untuk mengikuti langkah yang sama.

Tapi bayangkan jika kamu berteman yang rajin dan memiliki pandangan hidup yang jelas. Tentu hal ini memaksamu untuk ikut bersama mereka, bahkan dikala kamu sedang tidak bersemangat. Teman yang tepat akan siap mendukung kamu dan bersama mempersiapkan diri untuk menghadapi tantangan dan meraih masa depan yang cerah.

Baca juga: Pastikan 5 Hal ini, Saat Buka Bisnis Bersama Teman

Membentuk Cara Pandang Orang Terhadapmu

Apabila kamu berteman kuliah dengan seorang atau kelompok yang negatif. Maka pandangan orang lain terhadapmu, kemungkinan besar akan sama dan menganggap kamu sebagai sosok yang serupa dengan lainnya. Walaupun, mungkin pada faktanya kamu tidak melakukan hal negatif.

Hal ini jelas akan merepotkan, iya atau tidaknya kamu juga tertular untuk menjadi bagian yang negatif. Cara pandang orang tetap negatif terhadapmu.

Dan hal ini akan banyak berkaitan dengan kepercayaan. Mana yang akan kamu percaya? Orang yang datang dari lingkungan pertemanan yang negatif atau yang positif?

Bisa Menginspirasi Menjadi Lebih Baik

Saat kita menjadi bagian dari pertemanan yang positif seperti lebih rajin, lebih pintar, dan lainnya. Memungkinkan kamu untuk bisa belajar banyak hal dari mereka, seperti kebiasaan, cara berpikir, prinsip hidup, dan lainnya.

Dan bukan tidak mungkin, melalui pertemanan di bangku kuliah dengan orang seperti itu. Akan membuka peluang besar untuk kelak menjadi bagian dari mereka saat kamu sudah berada di dunia kerja.

Seperti diajak untuk membuka bisnis dan usaha sendiri, atau merekomendasikan kamu untuk menjadi bagian dari perusahaan tempat ia bekerja, karena yakin dan tahu kapabilitas kamu sebagai individu selama menjalin pertemanan dengan mereka.