Mungkin kebanyakan orang akan berpikir bahwa memiliki satu pekerjaan saja sudah sangat melelahkan, apalagi dua? Meskipun pendapatan jadi semakin banyak, memiliki dua pekerjaan tandanya tanggung jawabmu pun akan bertambah serta perlu mengorbankan waktu yang kamu miliki.

Termasuk beberapa waktu berharga yang bisa kamu gunakan untuk bersantai dengan memanjakan diri, bertemu teman, atau keluarga. Menjadi risiko yang harus kamu terima untuk tidak lagi bisa kamu dapatkan secara maksimal.

Perlu pula dipastikan, saat kesempatan untuk kamu bisa mendapatkan dua pekerjaan. Pastikan pula pekerjaan yang kelak kamu lakukan tidak saling bersinggungan, atau memiliki porsi dan beban yang terlalu besar yang berakibat buruk pada kualitas kerja yang akan kamu lakukan nanti.

Bila kamu sudah memperhitungkan semua aspek dan merasa yakin untuk bisa melakukan dua pekerjaan sekaligus dengan baik. Ternyata juga memiliki banyak manfaat, yuk simak diantaranya.

Mengasah Kemampuan yang Dimiliki

Salah satu keuntungan memiliki dua pekerjaan adalah kamu bisa mengasah dan menambah kemampuanmu. Jika pekerjaan yang kamu lakukan adalah bidang baru yang berbeda dengan pekerjaan utamamu, tentu kamu akan mendapatkan kemampuan baru. Jadi, kamu enggak hanya ahli dalam satu bidang saja. Sangat menguntungkan, kan?

Memiliki Kemampuan dalam Mengatur Waktu

Memiliki dua pekerjaan sekaligus berarti kamu pun harus pandai dalam mengatur waktu. Sebab, kalau kamu enggak bisa mengatur waktu dengan baik, pekerjaanmu pun tentunya akan terbengkalai. Jadi, keuntungan lainnya yang bisa kamu dapatkan adalah kemampuan dalam mengatur waktu. Karena kamu pastinya sudah terbiasa untuk memanage waktu antara mengerjakan pekerjaan yang satu dan lainnya.

Baca juga:Pekerjaan Sampingan Sambil Kuliah, 5 Profesi Ini Bisa Kamu Coba

Menjadi Lebih Hemat

Selain memiliki sikap disiplin pada waktu, kamu juga akan menjadi orang yang lebih hemat. Contohnya, ketika kamu memiliki dua pekerjaan, kamu pasti ingin segera menyelesaikan pekerjaan yang lainnya setelah menyelesaikan pekerjaan utamamu. Akhirnya, karena kamu memanfaatkan waktu senggang itu untuk bekerja, kamu pun enggak akan terlalu sering shopping atau nongkrong bersama teman-teman yang menghabiskan banyak uang.

Menimba Banyak Ilmu

Bukan hanya memperkaya kemampuan yang kamu miliki saja. Memiliki dua pekerjaan sekaligus juga akan membuat pengetahuan pun semakin beragam. Misalnya kamu bekerja sebagai seorang desain grafis tapi juga menjadi penulis lepas. Dengan begitu, kamu akan semakin mendapatkan berbagai ilmu di luar desain grafis.

Membuat CV Semakin Menarik

Ketika kamu memiliki dua pekerjaan sekaligus, hal ini juga bisa membuat cv-mu semakin menarik. Sebab, kamu akan memiliki dua perusahaan sekaligus dalam kolom pengalaman kerjamu. Selain itu, para interviewer atau HRD yang melihat cv-mu akan berpikir bahwa kamu adalah seorang yang bertanggung jawab, multi-tasking, bisa mengatur waktu dan lain sebagainya. Tentu hal ini akan menjadi nilai plus untukmu di mata perusahaan.

Wah, lumayan seru yah keuntungan yang dimiliki. Akan tetapi, tetap ingat Pintarian untuk selalu menjaga kesehatan fisik dan mental kamu, karena menjalani dua pekerjaan berarti dua kali pula energi kamu yang terkuras.