Membuat Email Bahasa Inggris yang Baik dan Benar

Penggunaan Bahasa Inggris semakin meluas untuk dunia kerja. Tak hanya lingkup komunikasi yang seringkali memerlukan bahasa asing, Bahasa Inggris mulai sering digunakan dalam surat menyurat, penggunaan email Bahasa Inggris contohnya. Banyak contoh email Bahasa Inggris di internet.

Saat sekarang, email Bahasa Inggris ini semakin sering digunakan di tempat kerja. Apalagi jika operasional perusahaan berkaitan erat dengan perusahaan luar negeri. Untuk beberapa lingkup pekerjaan, Bahasa Inggris bahkan bersifat wajib digunakan dalam aktivitas surat menyurat.

Hal ini yang membuat banyak perusahaan mutlak membutuhkan kecakapan Bahasa Inggris pada karyawan yang dipekerjakannya, tak hanya lancar berkomunikasi secara verbal, tetapi juga kemampuan berbahasa Inggris pasif seperti menulis. Perusahaan mulai lebih selektif merekrut karyawan. Mereka yang memiliki kompetensi Bahasa Inggris yang mumpuni, tentu diuntungkan dengan kebutuhan kerja seperti demikian.

Perlu ketelitian dalam menulis email dalam Bahasa Inggris

Menulis email juga tidak sama dengan menulis untuk SMS atau sejenisnya, Perlu ketelitian dalam pembuatan email untuk versi Bahasa Inggris. Penulisan email sebaik mungkin menggunakan kaidah bahasa agar menghindari kesalahan fatal yang penulisan. Untuk mulai menulis email Bahasa Inggris, ada baiknya memastikan dulu apakah email yang akan dikirim bersifat formal atau nonformal. Email yang sifatnya formal dibuat dengan bahasa yang lebih sopan.

Sebelum mengirim email, Anda sebaiknya mengecek email dengan membaca ulang apa yang sudah ditulis, setidaknya bisa menggunakan pakem contoh email Bahasa Inggris dari lembaga formal yang mudah ditemukan di internet. Cek kesalahan pada typo penulisan, grammar, dan kesalahan lainnya. Kesalahan email dianggap sebagai pekerjaan yang kurang teliti dan ceroboh. 

Gunakan fitur grammar and spell checker

Untuk menghindari kesalahan tata bahasa, Anda bisa menggunakan fitur grammar and spell checker yang kini sudah banyak tersedia di beberapa aplikasi online dan bisa diunduh gratis. Namun begitu, fasilitas ini tak menjamin apakah Anda sudah benar-benar menggunakan kata-kata yang benar dan tepat.

Agar bisa memiliki kecakapan menulis email Bahasa Inggris, karyawan bisa mengikuti pelatihan dari lembaga yang kredibel. Ini mengingat kemampuan penulisan Bahasa Inggris membutuhkan keterampilan khusus yang perlu dipelajari seperti penggunaan grammar hingga gaya penulisan.

Baca juga: 5 Jurusan Kuliah yang Paling Dicari di Dunia Kerja

Berbeda dengan kemampuan verbal yang mudah dipelajari secara otodidak, menyampaikan pesan dalam teks Bahasa Inggris perlu mengikuti kaidah bahasa yang baku, terutama email yang sifatnya formal. Saat ini, sudah banyak lembaga yang menyediakan pelatihan kecakapan menulis email Bahasa Inggris lewat kelas daring.

Contoh email Bahasa Inggris

Lewat kelas dari beberapa lembaga pelatihan, Anda bisa belajar bahasa Inggris sesuai dengan waktu yang fleksibel.  Jangan khawatir, materi pelatihan biasanya dibuat oleh tenaga profesional.  Beberapa lembaga pelatihan yang bisa dipilih seperti pelatihan contoh menulis email yang diselenggarakan Pintaria yang juga bisa diakses di program Kartu Prakerja.

Berikut salah satu contoh email Bahasa Inggris. Dalam contoh ini, beberapa hal yang perlu diperhatikan antara lain penggunaan sapaan pembuka dan pengantar, isi surat, dan penutup.

1. Bagian Pengantar

Isi pengantar harus disesuaikan dengan siapa yang akan merima email. Email Bahasa Inggris resmi umumnya diawali dengan sapaan

 

        Dear Mr/Mrs/Ms

        Dear Sir/Madam

        To whom it may concern

        I am writing to thank you for

        I am writing to let you know

        I am writing in reply to

        I am writing in response to

Tahapan selanjutnya yakni menuliskan kalimat pembuka yang bisa menjelaskan maksud dan tujuan dari email yang ditulis. Di tahap ini, pembuat email bisa sekaligus memperkenalkan diri secara singkat dengan kalimat seperti:

 

        Hi, my name is….. I am writing with regard to

        Hi, my name is….. I regret to inform you that

2. Teks utama

Ini merupakan bagian utama dan paling penting dari sebuah email. Sebaiknya, sampaikan secara lugas maksud dan tujuan tanpa bertele-tele. Penyampaiannya bisa dimulai dari hal terpenting yang ingin disampaikan. Hindari menggunakan singkatan maupun akronim serta jangan terlalu pendek untuk isi maksud yang ingin disampaikan.

Jangan lupa untuk memberikan kalimat untuk mengakhiri bagian utama email ini, contoh yang bisa dipakai antara lain:

 

        Thank you in advance

        Thanks for your attention

3. Penutup

Penutup email Bahasa Inggris bisa menggunakan ungkapan singkat namun sopan. Jangan lupa untuk menuliskan nama pada bagian penutup email. Jabatan di perusahaan juga perlu dicantumkan dan sebaiknya dilengkapi dengan tanda tangan. Beberapa contoh email Bahasa Inggris umum yang seringkali dipakai sebagai penutup seperti:

 

        Yours sincerely

        Best regard

        Regard

Leave a Comment

Pintaria Blog
Upgrade Dirimu Sekarang!
No any image found. Please check it again or try with another instagram account.