Teknologi pada masa sekarang ini sudah sangat berkembang pesat. Segala sesuatu pun sekarang dilakukan melalui media digital. Membaca berita, menonton, menjual atau membeli sesuatu, bahkan memesan kendaraan bisa dilakukan dengan mudah. Selain mengubah gaya hidup, perkembangan teknologi ini juga memunculkan bidang-bidang pekerjaan baru yang pada era sebelumnya belum ada.

Bidang pekerjaan ini pun banyak dicari guna memasarkan sebuah perusahaan melalui media digital. Pekerjaan-pekerjaan tersebut juga sangat cocok untuk para generasi milenial yang sangat akrab dengan media digital. Nah, kalau kamu berminat untuk berkarier di media digital, kamu bisa memilih salah satu bidang pekerjaan ini!

Marketing Communication

Di zaman yang serba melalui internet, kini pekerjaan sebagai seorang marketing communication banyak dicari oleh perusahaan. Seorang MarCom atau Marketing Communication bertugas untuk berkomunikasi dengan pasar guna mempromosikan sebuah produk dari perusahaan. Caranya dilakukan dengan mengirim segala pesan melalui media. Misalnya seperti iklan, pemasaran langsung, sponsor, aktivitas online dan lain sebagainya. Buat kamu yang senang berinteraksi dengan banyak orang, pekerjaan yang satu ini mungkin akan cocok denganmu.

 Graphic Designer

Seorang Desain Grafis atau Graphic Designer memiliki tugas untuk menciptakan ilustrasi, tipografi, fotografi, atau grafis motion. Mereka juga bertanggung jawab atas tampilan dari media promosi sebuah produk. Singkatnya, seorang Graphic Designer mengkomunikasikan ide untuk menginformasikan, atau menarik konsumen melalui bentuk seni fisik maupun visual.

Baca juga: Mengatasi Stres Saat Bekerja di Tempat Baru

 

 Social Media Specialist

Social Media Specialist juga salah satu pekerjaan yang banyak dicari sekarang ini. Pekerjaan ini juga sering dianggap enteng. Mungkin, kamu akan berpikir bahwa seorang Social Media Specialist hanya mengunggah konten di media sosial dan membalas komentar-komentar dari warganet. Tapi faktanya tidak semudah itu lho, Pintarian. Setiap langkah yang diambil seorang Social Media Specialist di dunia maya sudah terkalkulasi secara strategis. Misalnya seperti penempatan konten, penggunaan kata kunci, dan lain sebagainya. Kalau kamu hobi bermain media sosial, kamu bisa mencoba pekerjaan yang satu ini.

Content Creator/Reporter

Pekerjaan yang satu ini akan cocok untuk kamu yang hobi menulis. Karena tugas dari seorang Content Creator atau Reporter adalah menulis. Tapi bukan hanya itu saja! Seorang Content Creator juga mengumpulkan ide, data, serta melakukan riset dan membuat sebuah konsep untuk menghasilkan sebuah konten yang layak. Konten yang dibuat pun harus sesuai dengan identitas perusahaan dan branding produk yang diinginkan.

 SEO Specialist

SEO Specialist juga termasuk salah satu pekerjaan masa kini. Di era yang serba digital seperti sekarang ini, SEO Specialist juga sangat dibutuhkan oleh perusahaan. SEO sendiri adalah singkatan dari Search Engine Optimization. Jadi, pekerjaan yang dilakukan oleh seorang SEO adalah mengoptimalkan sebuah website agar bisa menduduki posisi di lamar pertama mesin pencari seperti Google.