Masih Ragu? Ini 5 Alasan Kamu Perlu Ambil Kuliah S2

Setelah menyelesaikan studi dan mendapatkan gelar sarjana, kamu memiliki dua pilihan yang akan kamu hadapi. Pertama, apakah kamu akan fokus untuk mencari pekerjaan? Kedua, apakah kamu akan melanjutkan lagi studimu ke jenjang S2 untuk mendapatkan gelar master? Atau, kamu ingin bekerja sambil meneruskan pendidikan S2?

Beberapa orang mungkin masih berpikir “untuk apa melanjutkan pendidikan S2?” Eits, jangan salah. Dengan melanjutkan pendidikan ke jenjang S2, kamu bisa mendapatkan banyak keuntungan lho, Pintarian. Misalnya saja, peluang pekerjaan dengan gaji yang baik, mengasah lagi ilmu yang sudah kamu miliki agar semakin tajam, dan lain sebagainya. Nah, buat kamu yang masih bimbang, coba deh pertimbangkan 5 alasan berikut sebelum memutuskan apakah kamu akan lanjut S2 atau tidak. Yuk langsung saja simak di bawah ini!

Kesempatan untuk karir yang lebih baik

Alasan pertama perlu melanjutkan studi S2 adalah kamu bisa mendapatkan kesempatan karir yang lebih baik. Misalnya saja kamu bisa mencoba berkarir di bidang yang mensyaratkan lulusan S2. Tentunya, saingan yang akan kamu hadapi pun akan lebih sedikit. Sehingga peluang yang kamu miliki untuk bisa mendapatkan pekerjaan tersebut akan semakin besar. Ditambah lagi biasanya, pekerjaan yang mensyaratkan lulusan S2 memiliki range pendapatan yang tinggi lho!

Baca juga: Lulus S1, Mau Langsung Kerja atau Lanjut S2?

Investasi untuk gaji lebih tinggi

Seperti yang sudah dikatakan pada poin sebelumnya, pekerjaan dengan syarat S2 umumnya memiliki range gaji yang tinggi. Jika lulusan S1 biasanya memulai karir dari nol, lulusan S2 bisa memulai perjalanan karirnya di tahap yang lebih tinggi. Misalnya saja seperti dosen, manager, atau posisi strategis lainnya. Hal ini dikarenakan bidang-bidang pekerjaan tersebut membutuhkan lulusan S2 untuk menduduki posisi tersebut. Pastinya semakin tinggi posisi yang kamu dapatkan, maka akan semakin tinggi pula gaji yang akan kamu peroleh.

Mendalami Ilmu atau konsentrasi tertentu

Dengan melanjutkan pendidikan ke jenjang S2, kamu bisa mendalami salah satu bidang ilmu jurusanmu yang menarik minat dan perhatian, Misalnya saja saat S1 kamu mengambil jurusan psikologi. Maka ketika kamu mengambil S2 di bidang psikologi, ilmu yang sebelumnya sudah kamu dapatkan saat S1 akan semakin dalam dan tajam. Selain itu, kamu enggak usah khawatir dengan mata kuliah yang menumpuk ya, Pintarian. Sebab, jenjang S2 enggak sama dengan jenjang S1. Di sini, mata kuliah yang akan kamu hadapi akan lebih terfokus dibandingkan S1.

Membuka wawasan menjadi lebih luas

Selain ilmu atau konsentrasi tertentu, mengambil gelar master juga dapat membuka wawasanmu menjadi lebih luas lho, Pintarian. Sebab saat mengambil S2, tentunya jaringanmu pun akan semakin luas. Nah, kamu bisa menambah pengalaman dari teman-temanmu yang lain. Dengan begitu, wawasanmu tentang hal lain pun akan bertambah. Selain bisa menambah teman dan jaringan, wawasan yang luas juga akan menjadikan kamu pribadi yang lebih matang.

Menambah gelar 

Pastinya kalau kamu melanjutkan pendidikan ke jenjang S2, kamu akan mendapat tambahan gelar di belakang namamu. Dengan gelar yang semakin bertambah, tentunya kamu akan lebih disegani oleh orang lain. Hal ini dikarenakan orang akan menganggap kasta seorang lulusan S2 lebih tinggi, dihargai dan diharapkan. Bukan hanya itu saja. Tentunya orang tuamu pun akan semakin bangga jika kamu melanjutkan pendidikan S2. Secara enggak langsung, kamu juga akan menjadi lebih percaya diri.

Leave a Comment

Pintaria Blog
Upgrade Dirimu Sekarang!
No any image found. Please check it again or try with another instagram account.