Istilah kurang piknik banyak dipakai untuk melabeli mereka yang berpandangan negatif. Jangankan ikut senang melihat kebahagiaan orang lain, berbahagia untuk diri sendiri saja sulit. Kalau kamu merasa mulai teracuni pikiran-pikiran negatif, itu tandanya kamu butuh piknik. Tidak banyak disadari oleh orang-orang bahwa manfaat piknik itu juga baik untuk kesehatan jiwa dan raga. Simak manfaatnya nih!

Detoks Pikiran

Terlalu lama berada di ruangan tertutup, lingkungan yang sama dan rutinitas yang itu-itu saja sering kali membuat pikiran menjadi keruh. Apalagi bila kita dikelilingi orang-orang yang auranya tidak mengenakan. Alhasil kita menjadi mudah berpikir negatif tentang segala hal. Sesekali waktu pergilah untuk berpiknik di ruang terbuka.  Menghirup udara segar, pemandangan indah dan suasana baru akan membuat pikiran dan pandangan menjadi lebih jernih kembali.

Membangun Keakraban

Manfaat piknik lainnya adalah menambah keakraban terhadap teman. Ajak teman-teman kuliah, kerja, keluarga atau kerabat dekat lainnya untuk pergi berpiknik bersama. Lupakan sejenak kesibukan belajar atau bekerja. Piknik adalah ajang yang tepat untuk merekatkan hubungan, terlebih membuat hubungan pertemanan baru di lingkungan yang berbeda. Kalau di hari-hari kuliah atau kerja kamu sibuk dengan urusan masing-masing, di sinilah waktunya untuk berbaur dan menjalin hubungan sosial yang akrab dan hangat.

Suasana santai, makan enak dan obrolan ringan adalah ramuan ampuh untuk menjalin hubungan yang akrab. Tidak hanya itu saja, memiliki hubungan yang sehat terbukti akan membuat kamu menjadi lebih awet muda. Bahkan menurut penelitian khasiatnya melebihi rajin berolahraga. (Baca juga: cara membangun jejaring pertemanan sosial)

Meningkatkan Komunikasi

Ngobrol online pastinya sudah biasa dilakukan. Tapi berkomunikasi langsung secara face to face, pasti akan berbeda rasanya meski hanya sekadar menggerakkan jemari atau mengirim emoticon dan stiker. Kita bisa merasakan kehangatan yang sebenarnya saat berkomunikasi secara langsung. Untuk sementara waktu, sisihkan dulu gadget kamu dan berkomunikasilah dengan sehat di dunia nyata. Berdiskusi, bermain,  berinteraksi yang sesungguhnya, baik untuk kesehatan jiwa.

Jika kamu termasuk orang yang introvert dan sulit untuk memulai komunikasi, kamu bisa cari tau tips berdiskusi yang efektif yang bermanfaat dan tepat sasaran. Jadi kamu tidak perlu merasa canggung saat di suasana baru. Inilah mengapa manfaat piknik juga sangat membantu kamu berkomunikasi bahkan dengan orang asing sekalipun.

Sarana Meditasi

Bila kamu lebih suka menyendiri, piknik juga bisa menjadi sarana meditasi juga lho. Mungkin kamu sedang perlu waktu membuat sebuah keputusan. Atau sedang memikirkan sebuah rencana penting untuk masa depan. Kamu juga bisa pergilah piknik sendirian, dan menikmati waktu me time untuk dirimu sendiri. Ambil waktu untuk dirimu sendiri sebanyak-banyaknya dan bebaskan dirimu dari gangguan.

Mood Booster

Mood sedang naik turun? Mau mengerjakan tugas penting tapi semangat terbang entah ke mana. Coba pergi piknik di taman dan jangan lupa untuk bawa serta buku, camilan ringan, teh, atau kopi. Kamu akan takjup betapa hangatnya sinar mentari dan lembutnya hembusan angin bisa mengubah mood kamu yang berantakan menjadi bersemangat dalam sekejap. Manfaat piknik juga terbukti efektif mengusir stres dan meredakan ketegangan akibat beban kerja atau terlalu lama belajar.

Menguatkan Tulang

Vitamin D dibutuhkan untuk untuk menguatkan tulang. Berjemur di matahari pagi akan memperbanyak serapan vitamin D ke tubuh kita. Juga bisa membuat kulit sehat dan bercahaya. Terlalu lama berada dalam ruangan ber-AC membuat kulit keriput dan kehilangan kelembabannya. Itu sebabnya orang senang piknik di area terbuka. Pikiran tenang, hati riang dan kulit cemerlang. Yuk ah piknik!