Manfaat Jadi Karyawan Sebelum Buka Usaha sendiri

Saat kamu berada di jalur terpisah dalam menentukan karir yakni membuka usaha sendiri atau menjadi karyawan di perusahaan tertentu. Tentu kamu akan banyak mempertimbangkan baik buruknya sebelum pada akhirnya mengambil keputusan.

Tapi, bagaimana jika kamu bisa menjalani dan meraih keduanya untuk peluang dan manfaat yang lebih baik. menarik bukan?

Hal yang dimaksud adalah mengawali karir terlebih dahulu sebelum pada akhirnya kamu membuka bisnis atau usaha sendiri.

Berbeda dengan hybrid entrepreneur, dimana kamu harus menjalani keduanya secara bersamaan. Cara ini memfokuskan diri kamu untuk menjalani karir sebagai karyawan, hingga akhirnya melepasnya dan beralih untuk membangun bisnismu sendiri.

Lalu apa manfaat yang bisa kamu dapatkan dibandingkan dengan memilih langsung membuka usaha sendiri tanpa harus menjalani profesi sebagai karyawan? Simak yuk, beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan jika ingin membuka usaha sendiri yang diawali dengan menjadi karyawan terlebih dahulu yang dilansir dari IDNtimes.com:

Melatih Komunikasi

Dengan menjadi karyawan, maka kamu melatih diri untuk membangun komunikasi yang baik dengan rekan kerja, bawahan, dan atasan.Hal ini akan sangat berguna, jika kelak kamu membuka usaha lalu mengharuskan kamu berinteraksi dengan berbagai pihak. Termasuk yang nanti jadi pelanggan dan karyawan kamu sendiri.

Mendapatkan Keterampilan Tambahan

Dengan mengawali pengalaman kamu dengan menjadi karyawan. Maka nantinya kamu akan mendapatkan banyak ilmu pengetahuan dan keahlian baru yang kelak bisa berguna saat membuka usaha.

Mudah Mengenali Karakter Orang

Menjadi karyawan di sebuah perusahaan. Kamu akan bertemu dengan banyak orang yang memiliki karakter yang berbeda-beda. Hal ini jelas akan membantu kamu untuk bisa lebih memahami perbedaan setiap orang.

Sekaligus menjadi pelajaran penting untuk kamu, karena nantinya saat membangun bisnis atau usaha sendiri. Kamu juga akan berinteraksi dengan berbagai pihak yang memiliki karakter dan sifat yang tidak sama.

Baca juga: Langkah Cerdas Bangkit dari Kegagalan Berwirausaha

Lebih Memahami Mengenai Manajemen

Melalui menjalani karir sebagai karyawan terlebih dahulu. Maka kamu menjadi lebih tahu mengenai pentingnya peraturan, kebijakan, hingga prosedur yang digunakan oleh perusahaan. Hal positif yang ada, bisa kamu ambil dan contek.

Nantinya kamu bisa membangun sistem manajemen sendiri yang sudah dipadukan dengan sistem dari perusahaan tempat bekerja sebelumnya untuk kebaikan bisnis kamu.

Memiliki Banyak Relasi

Hal yang juga menjadi keuntungan menjadi karyawan terlebih dahulu adalah potensi besar kamu dalam membangun relasi yang penting untuk nantinya membuat dan melakukan strategi pemasaran di awal usaha kamu.

Menabung Gaji untuk Modal Usaha

Disinilah letak keunggulan yang mungkin  akan menjadi kendala bagi kamu yang ingin membangun usaha tapi modal yang dimiliki kurang atau bahkan tidak ada.

Solusi yang mungkin terlintas adalah meminjam kepada bank atau berhutang ke teman atau kerabat yang bisa dipercaya. Tapi, apabila itu bukanlah pilihanmu dalam mendapatkan modal. Menjadi karyawan bisa dilakukan, dengan gaji yang kamu dapatkan tiap bulan disisihkan untuk kebutuhan modal yang diperlukan saat membuka usaha sendiri.

Cara ini memang memakan waktu lebih lama dibandingkan cara sebelumnya. Tapi setidaknya, kamu tidak terbebani dengan utang yang harus kamu bayarkan.

Selain itu, mendapatkan modal dengan cara menabung juga memberikan waktu kamu untuk mempersiapkan diri dan merencanakan lebih matang mengenai bisnis yang nanti akan kamu buat.

Pintarian, apabila kamu saat ini sudah pada tahap ingin membangun usaha. Pintaria punya banyak kursus prakerja bermanfaat dan berkualitas yang cocok untuk kamu yang ingin membangun usaha sendiri.

Untuk lebih lengkapnya, kamu bisa langsung mengunjungi www.pintaria.com/karturaprakerja

Leave a Comment

Pintaria Blog
Upgrade Dirimu Sekarang!
No any image found. Please check it again or try with another instagram account.