Teknologi podcast semakin populer dan banyak digunakan. Termasuk untuk keperluan pendidikan. Banyak materi pengetahuan atau edukasi yang dibuat dalam format podcast. Salah satu keunggulan podcast yang membuatnya digemari adalah sifatnya yang fleksibel. Konten bisa didengarkan di mana saja dan kapan saja seperti kita mendengarkan lagu dari music player. Bayangkan kamu bisa belajar sambil jogging, saat berkendara atau ketika bosan menunggu. 


Banyak podcast dengan tema edukasi yang bisa kamu cari di internet. Kamu tinggal mengetik kata kunci materi yang ingin dipelajari dan mengunduhnya ke device. Cara ini jelas lebih praktis ketimbang membaca. Metode podcasting bisa juga kamu terapkan untuk mempelajari materi sesuai keinginan. Berikut langkah-langkah sederhana membuat konten podcast dari materi pelajaran kita.   

Pilah-Pilih Materi

Pilih materi pelajaran yang ingin kamu buat dalam format podcast. Bagilah dalam bagian-bagian kecil untuk diolah menjadi konten audio. Batasi durasi setiap bagian. Misalnya kamu merencanakan pembuatan konten dengan durasi 45 detik atau 60 detik. Ingat, kemampuan konsentrasi mendengar manusia punya keterbatasan. Itu sebabnya durasi rekaman dibatasi agar kita tidak mudah bosan atau kehilangan konsentrasi. 

KISS

Prinsip Keep It Short Simple yang menjadi pakem dalam penulisan jurnalistik bisa kamu terapkan dalam membuat konten. Buat ringkasan singkat jelas dan padat dengan bahasa kamu sendiri agar kamu mudah memahaminya. Gunakan istilah-istilah yang familiar dan rangkai dalam kalimat-kalimat pendek. Tapi perlu diingat, susunlah kalimat secara terstruktur dan tetap  memperhatikan kaidah berbahasa yang baik dan benar. 

Suara Sendiri

Rekam ringkasan yang telah kamu buat dengan suara kamu sendiri agar kamu lebih gampang mengingatnya. Gunakan alat perekam yang baik dan carilah tempat yang sunyi untuk merekam agar kualitas rekaman baik dan bebas dari noise.

Variasi Konten

Buatlah konten dalam berbagai variasi. Misalnya dalam bentuk tanya jawab atau cerita. Kamu bisa melibatkan teman-teman untuk menggarap proyek podcasting yang garap. Sehingga kamu tidak merasa bosan bila harus mengulang-ulang materi. 

Folder Khusus


Buatlah folder khusus untuk menyimpan hasil rekaman yang kamu buat. Pindahkan di ponsel agar kamu bisa mendengarkannya kapan saja dan di mana saja. Kamu juga bisa membagikannya via media sosial atau blog. Siapa tahu ini menjadi pembuka jalan kamu menjadi seorang content creator. Asyik kan?