Pada era yang kini sudah serba digital, media sosial memang sudah menjadi salah satu kebutuhan hampir sebagian besar masyarakat. Mungkin buatmu sendiri, rasanya sulit kalau sehari saja enggak mengakses media sosial. Nah, dengan rutinitas ini, tanpa disadari kamu sedang mengasah keterampilan dalam bermedia sosial lho, Pintarian. 

Apalagi jika kamu mampu membuat konten yang menarik banyak orang untuk mengikuti media sosialmu. Daripada kemampuan ini hanya sia-sia begitu saja, kamu bisa memanfaatkannya menjadi pekerjaan. Berikut beberapa profesi yang cocok untuk kamu coba.

Social Media Specialist

Supaya enggak sekedar buang-buang waktu, keahlianmu dalam menggunakan media sosial bisa sangat bermanfaat, Pintarian. Salah satunya adalah menjadi seorang social media specialist. Beberapa tugas yang umumnya dikerjakan oleh social media specialist adalah mengatur jadwal postingan segala macam platform, menjawab pertanyaan followers, sampai mengumumkan event tertentu yang akan digelar oleh perusahaan tempatmu bekerja. Dalam bidang ini, kamu diwajibkan untuk sekreatif mungkin menampilkan unggahan agar para viewers tertarik dengan konten yang kamu suguhkan.

Youtuber atau Vlogger

Buat kamu yang senang bermedia sosial dan tampil di depan kamera, mungkin bisa mencoba menjadi seorang Youtuber atau Vlogger. Di Indonesia sendiri, sudah banyak Vlogger maupun Youtuber yang mendapatkan penghasilan tinggi dari bidang ini. Jika kamu suka makeup, kamu bisa menjadi Beauty vlogger. 

Selain itu, untukmu yang senang traveling juga bisa membuat konten tentang hal tersebut. Nah, keahlian bermedia sosialmu dibutuhkan untuk memperluas pasar dan meningkatkan jumlah followers. Kamu bisa mempromosikan channel-mu melalui media sosial lain misalnya seperti Instagram, Facebook, atau Twitter.

Baca juga: Hobi Menulis, Apakah Kamu Tertarik Bekerja di Profesi Ini?

Content Writer

Selain menjadi Youtuber atau Vlogger, kamu juga bisa mencoba bidang pekerjaan sebagai content writer. Sebagian besar isi konten dari akun media sosial sebuah perusahaan biasanya dibuat oleh seorang content writer.

 Seorang content writer harus memiliki ide-ide yang fresh dan menarik agar tema dari akun media sosial tersebut pun terwakili. Selain itu, seorang content writer juga diwajibkan melakukan riset baik bahan tulisan atau riset tren yang sedang terjadi di media sosial. Gimana Pintarian? Tertarik menjadi seorang content writer?

Community Development

Pekerjaan sebagai community development umumnya bertugas untuk mengembangkan pasar perusahaan melalui pendekatan dengan komunitas. Untuk mendapatkan koneksi yang lebih luas, salah satu cara yang digunakan oleh seorang community development adalah dengan menggunakan media sosial. Jadi, untuk kamu yang senang bermedia sosial serta memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik, kreatif dan paham mengenai strategi pasar mungkin bisa mencoba bidang pekerjaan yang satu ini.

Banyak pekerjaan menarik kan Pintarian?  Kemahiran kamu dengan media sosial, sayang sekali hanya untuk digunakan sebagai kebutuhan hiburan semata. Dengan lebih mendalaminya lebih baik, maka bukan tidak mungkin media sosial memberikan kesempatan untuk kamu untuk mendapatkan profesi yang bergengsi dengan penghasilan baik untuk kamu jadikan karir, karena harus diakui hampir semua perusahaan besar memiliki media sosial.