Mau kerja setelah lulus SMA? Memang sedikit berbeda dengan lulusan SMK yang memang memfokuskan siswanya untuk siap kerja setelah lulus.

Tapi bukan berarti tidak ada opsi  pekerjaan yang bisa kamu dapatkan walau dengan ijazah SMA, karena diantara lapangan pekerjaan yang ada saat ini, tidak sedikit pula yang masih membuka lowongan bagi lulusan SMA.

Nantinya kamu juga bisa seiring waktu meningkatkan kemampuan melalui kursus online yang mudah dan efisien seperti yang disediakan Pintaria.

Nah Pintarian, pekerjaan apa yang bisa kamu pilih untuk lulusan SMA, berikut beberapa diantaranya:

Pramugari

Pekerjaan yang bisa bikin kamu jalan-jalan gratis ini bisa menjadi salah satu rekomendasi. Walaupun kini terdapat banyak sekolah khusus pramugari, namun pekerjaan ini pun dapat dilakukan oleh lulusan SMA. Penghasilan dari seorang pramugari pun juga lumayan, lho! Gaji yang didapatkan oleh pramugari junior sekitar Rp 5.000.000 dan belum termasuk tunjangan. Selain itu, kamu yang bekerja dibidang ini akan mendapatkan fasilitas penginapan hotel bintang empat. 

Baca juga: Mau Kursus Online, Persiapkan Hal Ini Dulu!

Co-Pilot

Selain pramugari, pekerjaan sebagai awak pesawat lainnya yang bisa dicoba adalah Co-Pilot. Beberapa maskapai penerbangan di Indonesia membuka lowongan untuk para lulusan SMA menjadi asisten pilot. Bahkan, lulusan SMA juga berkemungkinan menjadi seorang pilot. Jika kamu berminat, kamu bisa mendaftarkan diri dan melakukan tahap seleksi. Setelah lulus, kamu akan diberikan pelatihan dan pendidikan khusus selama 112 hingga 150 hari tergantung jenis pesawat yang akan diterbangkan nantinya. 

Content Writer

Di era serba digital seperti sekarang ini, seorang penulis konten digital memang banyak dicari oleh perusahaan. Umumnya, pekerjaan ini memang tidak membutuhkan standar pendidikan khusus. Asalkan kemampuan menulis yang kamu miliki baik mumpuni, kamu bisa mencoba mendaftarkan diri di bidang pekerjaan ini. Pekerjaan ini pun dapat dilakukan full time ataupun pekerjaan sampingan (freelance). 

Customer Service

Umumnya pekerjaan seorang Customer Service adalah menangani keluhan serta menjelaskan dan menjalankan prosedur yang berkaitan dengan klien. Meskipun tampaknya mudah-mudah saja, profesi ini membutuhkan pengetahuan mendalam mengenai produk atau layanan dari perusahaan tersebut. Selain itu, kamu juga harus memiliki skill pelayanan yang baik. 

Sales Marketing

Kalau kamu tipikal orang yang senang bertemu orang baru dan memiliki skill komunikasi yang baik, pekerjaan ini mungkin akan cocok untukmu. Jika informa mu bagus dalam bidang ini serta mampu mencapai target, pendapatan yang akan kamu terima pun besar. Beberapa perusahaan seperti perbankan bahkan memberikan reward bagi para sales yang kinerjanya bagus. Misalnya saja seperti tiket jalan-jalan ataupun bonus. 

Asisten Dokter Gigi

Bukan hanya lulusan kedokteran yang bisa bekerja dibidang ini. Umumnya, syarat pendidikan yang diperlukan untuk seorang asisten dokter gigi minimal SMA sederajat atau diploma keperawatan gigi. Sebelum bekerja, nantinya kamu akan mendapatkan pelatihan. Dengan profesi ini, kamu bisa mendapatkan gaji sebesar Rp 3.000.000 hingga Rp 5.000.000 per bulan. 

Pengajar Bimbel

Jika kamu memiliki prestasi yang bagus ketika masih sekolah dulu, menjadi seorang guru bimbingan belajar (bimbel) adalah salah satu profesi yang bisa dicoba. Kamu bisa mendaftarkan diri di tempat-tempat bimbingan belajar atau menawarkan jasa ini secara pribadi. Apabila kamu menawarkan secara pribadi, kamu bisa mengatur jadwal mengajarmu serta tarif yang akan kamu dapatkan per pertemuan.

 So Pintarian, pekerjaan mana yang kamu ingin coba? Walau memiliki daya tarik, bukan berarti kamu harus puas untuk tidak mengembang diri. Dengan semakin mudahnya teknologi, kamu tetap bisa meningkatkan value kamu dengan mudah melalui blended learning dan kursus online.

Dengan begitu, bukan tidak mungkin kamu mendapatkan peningkatan karir, bahkan di posisi yang biasanya didapatkan oleh lulusan pendidikan yang lebih tinggi.