Memasuki bulan Oktober 2018, Dirlantas Polda Metro Jaya menjalankan uji coba e-tilang. Aturan baru ini akan merekam pelanggaran yang kamu lakukan di jalan raya loh. Hasil rekaman CCTV dalam sistem ini juga sekaligus berlaku sebagai bukti pelanggaran lalu lintas. Karena beroperasi dengan tenaga mesin, efektifitasnya bisa dibuat 24 jam penuh tanpa henti. Nah Pintarian, kalau kamu tidak sengaja melanggar rambu lalu lintas, kamu tidak perlu hadir ke persidangan, tapi cukup membayar denda di bank. Gimana? Memudahkan sekali ya?

Sistem yang juga berlaku di Malaysia, Singapura, dan Australia ini ternyata menggunakan teknologi kamera canggih yang secara khusus disiapkan untuk mengenali objek walau dalam keadaan gelap dengan akurasi mencapai 90%. Di ruas jalan Sudirman-Thamrin, misalnya, kamera yang digunakan mampu menangkap kecepatan kendaraan hingga 300 kilometer per jam. Kamera ini terkoneksi dengan Traffic Management Centre (TMC) Polda Metro Jaya.

Uji coba yang dilakukan sepanjang bulan Oktober ini dimaksudkan juga sebagai sosialisasi aturan dan belum diberlakukan penegakan hukum. Jadi gak perlu khawatir, bulan ini kita bisa membiasakan diri untuk selalu tertib di jalan raya ya.

Menurut Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Yusuf, secara teknis CCTV menggunakan marka jalan sebagai sensor virtual dan lampu lalu lintas sebagai pemicu dalam sistem ini.

Kamu juga tidak perlu ragu dengan aturan baru ini karena sudah sesuai dengan Undang-Undang Nomor 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan Angkutan Jalan serta Undang-Undang Nomor 11 tahun 2008 tentang informasi dan transaksi elektronik. Jadi, semuanya aturan legal dan resmi dari pemerintah.

Kamera pengawas yang sangat canggih itu nantinya akan merekam video selama durasi 10 detik yang menunjukkan proses pelanggaran. Video itu bahkan akan diunggah ke situs web www.etle-pmj.info sehingga memudahkan untuk menerbitkan surat tilang. Sejauh ini, Kombes Yusuf mendapatkan jenis pelanggaran yang ditangkap oleh kamera pengawas yakni melanggar marka jalan dan menerobos lampu merah.

Nah Pintarian, yuk manfaatkan teknologi canggih untuk jadi makin tertib dan disiplin!