Terdengar sederhana, tapi ucapan ini bisa memberikan pengaruh luar biasa terhadap pihak yang kamu sampaikan. Bahkan bukan untuk orang lain saja, perkataan tersebut juga bisa membuatmu dihargai.

Dikemukakan oleh Jacqueline Whitmore, pakar etika dan pendiri dari pendiri The Protocol School of Palm Beach, Florida, Amerika Serikat. Bahwa kata seperti “halo” kepada seseorang memberikan kesan positif kepada kamu.

“mengatakan halo bahkan ke orang yang tidak kamu kenal, membuatnya merasa dihargai, dan dampaknya akan baik bagi kamu,” ujarnya yang dikutip dari readerdigest Canada.

Lalu ucapan apa saja yang membuat komunikasi menjadi nyaman dan menyenangkan.

Tolong

Dikutip dari laman The Emily Post Institute, mengatakan bahwa ucapan “tolong” merupakan kata ajaib saat digunakan pada tempatnya. Karena dengan menggunakannya dapat mengubat kalimat perintah menjadi sebuah permintaan, sekaligus menunjukkan rasa hormat kepada orang yang kamu ajak bicara.

Terima kasih

Walau umum, tapi tidak sedikit orang yang mengucapkannya. Khususnya untuk momen kecil di setiap keadaan. Seperti membukakan pintu atau saat melakukan tugas rutin, ucapan “terima kasih” bisa membuatnya merasa dihargai.

Sama-Sama

Saat kamu mendapatkan ucapan terima kasih maka respon yang bisa kamu sampaikan adalah dengan mengucapkan “sama-sama”. Dan usahakan untuk mengucapkan “tidak masalah”, karena di ucapan tersebut seakan memberikan kesan meremehkan.

Baca juga: Perilaku Tak Baik yang Harus Dihindari di Dunia Kerja

Permisi

Saat kamu memasuki suatu wilayah umum maupun pribadi, secara sengaja maupun tidak sengaja. Pengucapan kata  “permisi” menurut pakar etika, Candace Smith dapat menggiring percakapan kembali kepada “keseimbangan sosial”  dan mendapatkan perhatian sesesorang secara lebih sopan.

Menyebut Nama

Jika kamu berbicara dengan bukan teman atau kerabat dekat bukan dengan kata seperti “kamu” atau “Anda”. Tapi dengan menggunakan namanya, bisa memberikan kesan kamu menghargainya dan menghormatinya.

Dikutip dari lama The Washington Post, bahwa saat orang mengingat dan memanggil nama. Maka orang tersebut akan merasa dihargai dan penting, dengan pengaruh positif terhadap kita. Akan tetapi, usahakan tetap menggunakan kata depan, seperti pak, ibu, dan lainnya sebelum nama agar lebih menghormati, khususnya untuk orang yang lebih tua, atasan, dan lainnya.

Ada yang Bisa Saya Bantu?

Pernahkah kamu melihat orang yang terlihat membutuhkan pertolongan? Dan saat kamu mengatakan “ ada yang bisa saya bantu?” menunjukkan bahwa kamu memiliki empati. Hal ini diungkapkan studi studi dalam Journal of Social Psychology, bahwa orang yang melakukan tindakan kebaikan bisa memberikan kepuasan hidup yang lebih tinggi.

Dengan sukarela meringankan beban seseorang, secara harafiah maupun kiasan, maka kamu pun merasakan kepuasan bisa membantu dan untuk pihak yang dibantu akan bahagia dan merasa diperhatikan saat menerimanya.

Jadi ketika Anda secara sukarela masuk dan meringankan beban seseorang, secara harfiah atau kiasan, maka jiwa Anda merasa puas bisa membantu dan orang yang dibantu pun akan bahagia dan merasa diperhatikan saat menerima kebaikan Anda.

Hanya saja, di setiap ucapan yang dijelaskan sebelumnya, akan lebih baik kamu juga mengucapkannya dengan ekspresi dan wajah yang ramah dan baik. Dengan begitu, maksud dan pesan yang disampaikan bisa diterima dengan positif.