Neurobic adalah latihan pada otak untuk memperkuat performanya dengan mengoptimalkan aktivitas seluruh indera yang ada di dalam tubuh kita. Istilah ini diperkenalkan neurobiologist Dr. Lawrence Katz, pionir dalam penelitian tentang regenerasi neuron. Menurut Katz, penurunan mental biasanya bukan disebabkan hilangnya sel-sel otak, tapi lantaran berkurangnya dendrit pada sel-sel saraf. Kunci untuk melatih otak melibatkan kelima indera dengan cara yang tidak biasa. Cara meningkatkan kinerja otak yang sederhana ini juga bisa kamu praktikan di mana saja, dan kapan saja.

Pindah Tangan

Ini bukan kiasan. Cara melatih otak yang pertama adalah pindah tangan. Pindah tangan disini dimaksudkan, bila selama ini kita lebih banyak beraktivitas dengan menggunakan tangan kanan, diganti dengan lebih banyak gunakan tangan kiri.

Misalnya  saat menggosok gigi, pakai mouse, atau kegiatan lainnya. Sebaliknya bila kamu tipe orang yang kidal atau lebih banyak beraktivitas dengan menggunakan tangan kiri, latihlah dengan tangan kanan untuk melakukan berbagai tugas lainnya. Beraktivitas dengan tangan yang tidak dominan akan meningkatkan aktivitas otak. Awalnya mungkin terasa sedikit kaku, tapi siapa sangka justru itu adalah cara melatih otak yang baik.

Makan Dengan Menggunakan Sumpit

Menggunakan alat makan sumpit memang membutuhkan keterampilan tersendiri. Tidak semua orang bisa menggunakannya. Makan dengan sumpit menuntut kita untuk bisa lebih konsentrasi. Hal ini bagus untuk otak, pencernaan dan jumlah kalori yang dikonsumsi. Kalau kamu sudah mahir menggunakan sumpit, latihlah dengan dengan tangan yang berbeda.

Aktivitas Dengan Mata Tertutup

Cara melatih otak yang ketiga adalah dengan menutup mata saat beraktivitas. Cobalah melakukan sejumlah kegiatan dengan mata terpejam. Misalnya saat mandi, menyortir pakaian dan cucian. Hal ini dilakukan agar memaksa otak menggunakan jalur saraf yang baru dari jalur biasanya.

Kamu juga bisa mencoba untuk makan dengan menutup matamu, dengan mengenali bahan makanan dan rasa yang ada pada makanan dengan mata tertutup. Jangan lupa untuk mengkonsumsi makanan untuk meningkatkan konsentrasi otak. Namun jangan sekali-kali mencoba menyetir kendaraan sambil menutup mata juga ya!

Terbalik Atau Mundur

Sering membolak-balik kata-kata saat bicara atau membaca? Atau pernah bertemu dengan orang yang memakai arloji terbalik, meletakkan kalender terbalik? Jangan keburu mencap dia orang yang aneh ya, ternyata hal ini dilakukan untuk melatih otak lho.. agar dapat merangsang otak menjadi lebih aktif lagi.

 Tanpa sadar juga, jika kamu terus membiarkan otak kamu berpikir meskipun untuk hal-hal yang sepele juga bisa membuang rasa malas pada dirimu juga lho! pastinya saat belajar, kamu bisa melawan rasa malas. (Baca juga: Tips mengusir rasa malas)

Mencoba Rute Baru

Kebanyakan dari kita pastinya cenderung mengambil rute yang itu-itu saja dalam bepergian. Sehingga otak bekerja ‘autopilot’. Cobalah rute baru. Ini akan membuat bagian otak cortex dan hippocampus aktif. Tidak harus menyetir kendaraan, bisa saja ketika kamu bersepeda, jalan kaki, atau menggunakan berbagai moda transportasi umum saat bepergian. Cara melatih otak seperti ini dapat membantu kamu untuk bisa memecahkan masalah juga lho!

Libatkan Semua Indera

Cobalah aktivitas yang melibatkan semua indera. Misalnya berkebun, kemping atau traveling. Atau bisa dengan berjalan-jalan ke pasar sayur di mana kamu bisa memaksimalkan semua indera pada tubuh. Kegiatan semacam ini tidak hanya merangsang kerja otak tapi membuat kamu jadi lebih fresh. Coba deh!

Baca juga: Mengenal gangguan kesehatan mental yang sering terjadi