Lapangan Pekerjaan yang Terancam Kena Dampak dari Covid-19

Pandemi virus Corona masih terjadi, dengan angka penderita semakin tinggi di tiap harinya. Para pekerja dipaksa untuk bekerja dirumah agar bisa mencegah penyebaran dari virus tersebut.

Akan tetapi, ada dampak mengerikan yang terjadi akibat situasi ini, yakni banyak yang kehilangan lapangan pekerjaannya atau menjadi korban PHK, yang pastinya menjadi mimpi buruk bagi setiap pekerja yang banyak bergantung pada pekerjaannya, untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, baik untuk dirinya dan keluarga.

Dan kondisi ini sudah dirasakan secara mendunia, termasuk Indonesia. Bahkan pemerintah melakukan langkah sigap untuk menghadapi hal ini, yakni dengan menyediakan program kartu Pra Kerja untuk para korban PHK.

Melalui Kartu Pra Kerja, penggunanya akan mendapatkan insentif dengan total Rp2.550.000 beserta pelatihan dari mitra resmi pemerintah, seperti Pintaria.  Dengan berbagai jenisnya, yang bisa dipilih sesuai dengan keinginan dari penggunanya.

Lalu pekerjaan apa saja sih yang rentan terkena dampak dari merebaknya virus corona, simak ulasannya:

Pramugari

Sebagai profesi yang erat dengan pelayanan. Kamu pasti tahu, bahwa pramugari merupakan sosok yang deket dengan penumpang selama penerbangan. Ditambah dengan himbauan pemerintah menghindari melalukan perjalanan. Profesi pramugari menjadi terancam, dengan semakin minimnya penerbangan yang dilakukan , karena himbauan pemerintah untuk menghindari melakukan perjalanan dan beraktivitas di luar rumah dalam upaya mencegah penyebaran virus Corona.

Akibatnya, pramugari terancam untuk kena PHK oleh perusahaan maskapai penerbangan.

Dilansir dari CNBC, bahwa setidaknya ada 27,7 juta orang yang memiliki risiko terkena PHK karena Corona, jika bekerja di tempat yang rawan terkena kontak fisik langsung dengan orang lain.

Tukang Cukur

Hampir serupa dengan pramugari, tukang cukur di Barbershop merupakan pekerjaan yang rawan kontak fisik dengan pelanggannya. Dengan kondisi sekarang ini, tentu beberapa pelanggan mengurungkan niatnya agar terhindar dari virus corona.

Dan dengan kondisi tersebut, bisa jadi mata pencahariannya menjadi terancam,dan berharap kondisi yang dialami dunia dan Indonesia saat ini segera cepat hilang atau setidaknya mereda, sebelum harus menelan pil pahit yakni kena PHK.

Baca juga: Akibat Covid-19, Pemerintah Tetapkan 3 Perubahan Rencana Kartu Pra Kerja

Pelaku UMKM

Usaha mikro kecil menengah jelas juga mendapatkan pukulan keras dari situasi saat ini. Dengan pendapatan yang semakin menurun, menjadikan pemilik UMKM harus mengambil keputusan sulit, seperti melakukan PHK terhadap  karyawannya agar bisnis tetap berjalan, atau yang terburuk yaitu menutup usahanya.

Tour Guide

Anjuran untuk di rumah saja atau stay home. Menjadikan segmen wisata tidak lagi menjadi prioritas. Dan pastinya menjadikan angka wisatawan menjadi turun secara drastis. Dikarenakan semakin minimnya orang yang berlibur di kondisi seperti saat ini.

Pemerintah juga menutup beberapa objek wisata, sehingga menjadikan profesi sebagai tour guide, begitu rentan untuk tidak lagi bisa memberikan penghasilan.

 

Leave a Comment

Pintaria Blog
Upgrade Dirimu Sekarang!
No any image found. Please check it again or try with another instagram account.