Saat lulus sekolah, ada dua pilihan yang bisa kamu ambil.  Melanjutkan pendidikan kamu ke bangku kuliah atau langsung mencicipi dunia kerja.  Keduanya merupakan keputusan penting bagi hidup kamu yang harus dipikirkan secara matang.

Karena jangan sampai kamu mengalami penyesalan di lain hari, karena merasa keputusan yang kamu ambil tidak sesuai ekspektasi kamu.

Pintarian, bila kamu berada kondisi ini, ada beberapa hal yang bisa menjadi pertimbangan sebelum kamu memutuskan antara melanjutkan kuliah atau langsung bekerja.

Punya Penghasilan Sendiri

Jika kamu memilih untuk langsung kerja, maka kamu berkesempatan untuk mendapatkan penghasilan kamu sendiri. Akan tetapi, perbedaan nilai pemasukan kamu nantinya akan berbeda dengan lulusan S1. 

Sedangkan saat kamu memilih untuk melanjutkan kuliah, jelas kamu lebih memfokuskan diri kembali untuk belajar dengan jurusan yang kamu inginkan. Dan tidak lupa adanya sektor biaya yang harus kamu pertimbangkan.

Dengan kata lain, langsung bekerja menjadikan kamu lebih mandiri secara keuangan, sedangkan kuliah, ada kemungkinan kamu akan bergantung pada orangtua untuk biaya kuliah.

Pilihan Profesi

Profesi yang dapat kamu pilih setelah lulus sekolah, tergolong tidak terlalu banyak. Dibandingkan dengan yang kuliah dan lulus dengan jurusan yang dipilih, memiliki kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan di ruang lingkup bidang sesuai gelar yang kamu dapat atau lintas bidang.

Jenjang Karir  

 Memang kamu bisa mendapatkan penghasilan, tapi jenjang karir yang nanti kamu bisa raih tergolong sangat terbatas saat kamu memilih langsung kerja. Ada kemungkinan, peningkatan karir yang kamu inginkan bisa diambil oleh sosok yang menjalani pendidikan di bangku kuliah.

Perbedaan Tanggung Jawab

Pastinya akan banyak perbedaan tanggung jawab saat kamu memilih salah satunya yang harus kamu siapkan secara baik, fisik  maupun mental.

Saat kamu memilih untuk bekerja, kamu memiliki aturan yang lebih ketat saat menjalaninya dibandingkan kamu memilih untuk melanjutkan kuliah. Beban tanggung jawab pun akan lebih terasa, dimana kamu dituntut selalu memberikan yang terbaik setiap hari, sedangkan saat kuliah kamu memiliki kebebasan atas apa yang kamu inginkan. Bagaimana cara kamu menjalani kuliah, bergantung pada diri kamu sendiri.

Sudut pandang lainnya yakni saat memilih bekerja, kamu berada pada sebuah rutinitas yang wajib kamu lalu tiap harinya Sedangkan kuliah, kamu berada pada sebuah pengalaman mempelajari hal-hal baru.

Baca juga: Kendala dan Solusi Saat Membuat Skripsi Untuk Meraih Gelar Sarjana

Akhir Pekan akan Terasa Berbeda

Hal ini mungkin akan dirasakan saat kamu sudah menjalaninya dalam waktu yang lama. Saat kamu menjalani dunia kerja, akhir pekan begitu terasa istimewa. Dan memanfaatkannya lebih banyak kearah yang lebih menenangkan, seperti beristirahat hingga menjalani hobi kamu.

Sedangkan untuk kamu yang kuliah, weekend menjadi momen untuk menikmati waktu dengan lebih menyenangkan, seperti berkumpul bersama teman hingga jalan-jalan ke tempat yang seru.   

Penampilan yang Berubah

Selain menuntut ilmu, kuliah menjadi awal untuk lebih bebas berekspresi dengan penampilan kamu dibandingkan waktu masih sekolah. Hal seperti gaya berpakaian, model rambut, hingga berdandan menjadi hal lumrah terlihat di bangku kuliah.

Namun lain halnya saat kamu memilih bekerja. Penampilan menjadi faktor yang penting, bahkan bisa merupakan salah satu penilaian dari kantor kamu.

Di beberapa perusahaan, bahkan bisa memberikan surat peringatan apabila kamu tidak mengikuti aturan berpakaian yang benar.

Bagaimana Pintarian? Mana yang akan kamu pilih? Kuliah atau langsung bekerja?

Sebetulnya ada opsi lain, yaitu kuliah sambil bekerja yang juga memiliki perbedaannya sendiri. Dan akan lebih fleksibel dan enggak bikin pusing jika kamu melakukannya melalui metode belajar blended learning.

Mau tahu lebih dalam klik di sini