Menjadi seorang introvert memang merupakan hal yang menyulitkan, disaat lingkungan membutuhkan kamu untuk bisa bersosialisasi secara lebih baik untuk kepentingan pekerjaan, sekolah, kuliah, maupun blended learning.

Dengan karakter yang lebih tertutup, pendiam, dan tidak begitu menyukai keramaian. Sebetulnya introvert bukanlah pribadi yang antisosial, karena dengan sedikit usaha, kamu bisa juga beradaptasi dengan lingkungan sekitar secara lebih baik.

Yuk simak tips untuk mudah bergaul untuk Introvert:

Jangan ragu untuk menyapa

Setiap perkenalan diawali dengan menyapa, jadi tidak ada salahnya kamu menyapa duluan sebagai bentuk awal perkenalan. Dan tidak perlu takut untuk mengawalinya, dengan dukungan teknologi seperti aplikasi chat bisa membantu kamu untuk lebih mudah berkomunikasi. Dibandingkan pertemuan face to face.

Melalui aplikasi chat, kamu bisa melatih komunikasi yang lebih interaktif. Sehingga seiring waktu, saat bertemu secara langsung kamu sudah memiliki basic untuk melakukan pembicaraan yang mengalir.

Jadi Diri Kamu Sendiri

Merasa sebagai seorang introvert bukan berarti, kamu harus menjadi orang lain. Saat bertemu dan berkomunikasi. Tetaplah menjadi diri kamu sendiri, dengan begitu lawan bicara akan lebih memahami dan menghargai kamu. Karena bisa jadi,  kamu dapat menemukan dan membina pertemanan karena memiliki kesamaan dengan kamu.

Mengikuti Komunitas

Nah ini merupakan cara yang paling menyenangkan. Dengan bergabung di komunitas yang kamu suka. Maka kamu akan bertemu dengan beragam macam karakter orang yang memiliki kesamaan dengan kamu. Memungkinkan kamu untuk bisa berkomunikasi dengan lancar, karena berada di ruang lingkup yang sama.

Usahakan Membangun Komunikasi Dua Arah

Jangan menjadi pribadi yang pasif. Cobalah untuk sesekali bertanya, mengenai apa yang lawan bicara sampaikan. Dengan begitu pembicaraan akan lebih dinamis, dan lawan bicara tidak merasa kamu bosan dengan apa yang dibicarakannya.

Bila memungkinkan, kamu juga bisa mempersiapkan beberapa pertanyaan yang sederhana. Sehingga pada saat bertemu dan berbicara kamu sudah tidak lagi gugup untuk bersikap aktif.

Baca juga: 5 Bidang Pekerjaan yang Banyak Dicari Di Masa Depan

Sampaikan pujian

Sebagian besar orang setidaknya akan senang saat dipuji. Dan kamu tidak ada salahnya untuk pula mencobanya, dengan memuji cara berpenampilan dan karyanya atau hal lain yang kamu anggap menarik. Tapi, pastikan kamu melakukannya secara tulus dan tidak berlebihan.

Jadilah Pendengar yang baik

Bila ternyata kamu merasa terlalu susah untuk bisa berkomunikasi atau menyampaikan komentar.Setidaknya kamu bisa menjadi pendengar yang baik dan tulus. Simak tema dan inti pembicaraannya. Maka lawan bicara akan merasa dihargai, dan kamu bisa mendapatkan nilai lebih di mata mereka.