Permasalahan yang kamu alami bisa jadi menguras emosi dan tenaga. Bahkan  bukan tidak mungkin membuatmu menjadi stres karena tidak mendapatkan solusi atau titik cerah untuk bisa menyelesaikannya. Baik dalam urusan pekerjaan di kantor, sekolah, maupun kuliah.

Maka dari itu, dibutuhkan pikiran yang jernih agar kamu bisa lebih tenang dalam mencari jalan keluar dari setiap masalah yang kamu hadapi. Dan ada satu hal yang bisa membuatmu lebih cerah dan fokus dalam berpikir, yaitu tidur sejenak.

Jangan dianggap enteng Pintarian, ternyata tidur itu memiliki kaitan kuat terhadap penyelesaian masalah di kantor maupun di sekolah. Hal ini dibuktikan melalui studi Memory and cognition, yang mengatakan bahwa orang akan bisa memecahkan masalah lebih baik setelah tidur.

Dalam kutipan lama Lifehack, mengungkapkan bahwa ketika tidur, kamu akan mengalami efek inkubasi. Di mana otak lebih efektif mengatasi masalah ketika diberikan waktu untuk beristirahat. Karena disaat tubuh kamu tertidur, alam bawah sadar tetap aktif bekerja untuk menemukan solusi masalah. Dan biasanya kondisi ini jarang disadari oleh setiap orang.

Baca juga: Keren! Artis Indonesia Ini Lanjut Kuliah di Kampus Bergengsi Dunia

Selain itu, dalam penelitian yang dilakukan. Mengatakan bahwa tidur dapat memberikan inspirasi untuk karir kamu. Di mana ketika kamu tertidur, otak akan memroses dan mengonsolidasikan pengalaman yang dialami saat terjaga dari tidur. Dengan begitu, tidur setelah mempelajari hal baru akan membantu kamu untuk memasukan informasi baru ke memori untuk jangka waktu yang panjang.

Pakar dalam penelitian tersebut bahkan mengungkapkan dan menyarankan seseorang yang stres dan frustasi untuk sejenak tidak memikirkan masalah dan tidur sejenak. Alasannya adalah rasa stres dan frustasi yang kamu rasakan bisa menjadi tembok yang menghalangi untuk menemukan solusi atau membuat keputusan.

Dengan kata lain, tidur menjadi bentuk terapi menangkan dan sangat membantu. Nah Pintarian, bila kamu mengalami frustasi, cobalah untuk beristirahat sejenak sebelum membuat keputusan atau mencoba memecahkan masalah. Dan rasakan sendiri bedanya antara sebelum dan sesudah kamu tidur sejenak terhadap mental dan kondisi kamu.

Akan tetapi, Walau bisa menjadi alternatif yang membantu dalam mengatur emosi, fokus, dan kesiapan kamu. Bukan berarti kamu bisa melakukannya dengan bebas dan tidak teratur. Pastikan istirahat singkat yang kamu lakukan berada di porsi yang tepat, karena bila berlebihan, bisa memberikan kesan kamu pribadi yang pemalas yang tidak peduli dengan keadaan sekitar lingkungan kamu.