Apakah kamu sedang memikirkan untuk melanjutkan pendidikan sambil bekerja? Keputusan yang satu ini harus kamu pikirkan secara matang dan tidak bisa ditentukan sembarangan. Sebab, banyak hal yang perlu kamu siapkan sebelum mengambil keputusan untuk melanjutkan pendidikan sambil bekerja.

Kalau kamu tidak memikirkannya dengan baik, bisa-bisa pekerjaan atau kuliahmu jadi terbengkalai. Memang sudah cukup banyak yang sudah berhasil menjalani hal ini. Tapi tentunya semua itu butuh usaha dan pengorbanan. Nah, jika kamu memang berniat untuk mengambil pendidikan sarjana sambil bekerja, coba lakukan 5 hal berikut sebelum mengambil keputusan!

Pastikan Bahwa Dirimu Siap Menjalaninya

Ini adalah hal pertama yang harus kamu pertimbangkan sebelum mengambil keputusan untuk kuliah sambil bekerja. Karena tentunya kuliah sambil bekerja akan sangat menyita waktumu. Disamping memikirkan pekerjaan, kamu juga harus menyelesaikan tugas-tugas kuliah. Jika kamu tidak siap menghadapinya, bisa-bisa kamu malah merasa stres dan terbebani. Kuliah sambil bekerja dengan mendapat nilai yang baik, tanggung jawab tetap terjaga, serta dapat mejaga kesehatan adalah fokus utamamu. Selain itu, jangan sampai kesibukanmu ini justru menganggu kehidupan pribadimu. Kamu juga tetap butuh istirahat atau bahkan refreshing dengan teman-temanmu.

Beritahu Pada Atasanmu

Poin ini mungkin sederhana namun sangat penting untuk kamu lakukan. Sebelum mengambil keputusan, ada baiknya kamu mendiskusikan hal tersebut dengan atasan atau tim kerjamu. Sampaikan pada mereka tentang rencana dan kegiatan yang akan kamu lakukan nantinya. Dengan menjalin komunikasi yang baik dengan rekan kerja, kamu bisa mendapat dukungan dari mereka dan bahkan memberikan toleransi pekerjaan padamu. Dengan begini, kamu pun akan merasa lebih lega menjalaninya.

Pilih Jurusan yang Sesuai dengan Pekerjaanmu

Memilih jurusan yang sesuai dengan pekerjaanmu saat ini memiliki banyak keuntungan. Selain bisa langsung mempraktikkan ilmu yang kamu dapat di perkuliahan, kamu juga bisa mempraktikkannya langsung saat bekerja. Kuliah dengan jurusan yang sesuai dengan karir juga akan lebih menambah pengetahuan dan pengalamanmu.

Pilih Kampus dengan Jadwal yang Fleksibel

Agar waktumu tidak bentrok antara pekerjaan dan perkuliahan, pilihlah kampus dengan jadwal yang fleksibel. Sehingga kamu pun akan lebih mudah mengatur waktu antara bekerja dan belajar.

Baca juga: 5 Hal Penting Saat Memilih Jurusan Kuliah

Hitung Biaya Kuliah

Biaya kuliah juga merupakan poin penting yang harus dipertimbangkan. Jangan sampai kamu memangkas terlalu banyak kebutuhan harianmu ya, Pintarian! Sebab kalau kamu memangkas pengeluaran harianmu secara ekstrim, hal itu justru akan membuat kebutuhan pribadi dan kuliah jadi terbengkalai. Ada baiknya jika kamu bisa mendapatkan beasiswa. Namun jika tidak, kamu bisa memilih kampus dengan biaya yang tidak terlalu membebanimu.

Bagaimana Pintarian, apakah kamu semakin yakin untuk menjalani dua hal bersamaan dengan segala risiko dan tantangan yang akan kamu hadapi kelak? 

Nah, bila kamu sedang ingin mencoba kuliah sambil bekerja, bergabung di Pintaria aja. Karena bersama Pintaria kamu bisa kuliah dengan waktu yang fleksibel,  karena menggunakan metode blended learning atau yang 100% online dari mitra kampus berkualitas yang terakreditasi A dan B.