Dunia usaha saat ini tengah berubah dan berkembang sangat cepat. Perubahan ini juga memberikan dampak pada beberapa perusahaan untuk bisa merekrut kandidat dengan kriteria terbaik serta menuntut sumber daya manusia yang memiliki kualifikasi sesuai dengan kebutuhan. Lalu apa saja kriteria pekerja yang tepat dan kemampuan apa saja yang yang harus dimiliki dan paling dicari saat ini juga di masa depan?

 

Problem solving

Agar bisa bersaing, perusahaan juga harus terus membenahi diri. Banyak hal-hal yang selalu butuh penyesuaian baik dalam hal cara kerja maupun proses dari pekerjaan tersebut. (Baca juga: Profesi yang asik dan seru untuk yang kreatif)

 

Perusahaan juga semakin efisien dalam hal pemanfaatan sumber daya yang ada. Apalagi dengan lahirnya perusahaan-perusahaan start up yang organisasinya lebih ramping. Pekerja yang mandiri akan sangat disuka, ini juga menjadi salah satu kriteria karyawan teladan yang banyak dicari. Artinya, memiliki sikap problem solving atau berorientasi pada solusi dari suatu masalah.

Analis Data

Kita memasuki era di mana data menjadi komponen yang sangat penting. Tetapi data saja tidak akan berbicara bila tidak ada yang menginterpretasikannya. Nah, di situlah perlunya sumber daya manusia yang bisa mengolah data sehingga memiliki makna dan bermanfaat bagi perusahaan. Kemampuan ini terkait dengan pemahaman tentang konsep komputasi, pemrograman dan pengkodingan termasuk menganalisis data sehingga bisa menjadi sesuatu yang baru yang bisa dikembangkan.

Literasi Media Social

Lahirnya Facebook, Twitter, Instagram, Youtube, dan media sosial lainnya memang mengubah cara-cara perusahaan menjalankan bisnisnya. Terutama dalam melakukan brandng dan promosi tentang perusahaan. Itu sebabnya literasi media sosial sangat penting dan berpengaruh sekarang ini. (Baca juga: cara menjadi influencer media sosial)

Bukan hanya memahami cara kerjanya, juga bagaimana media sosial bisa memberikan dampak positif bagi perusahaan. Jadi tak hanya cukup mengelola posting-an di media sosial dan, membuat konten,  tapi juga memahami prinsip-prinsip digital marketing seperti SEO (Search Engine Optimization) dan profesi lainnya yang terkait dalam dunia digital marketing.

Jika kamu bisa melakukan sesuatu yang baru dan memberikan hasil yang baik bagi perusahaan, kamu juga bisa show off skill mengenai strategy yang kamu miliki bagi perusahaan. Bukan tidak mungkin jika nantinya kamu menjadi salah satu kriteria karyawan teladan berkat kerja keras yang kamu lakukan.

Kreatif

Menurut survei dari World Economic Forum, kreativitas adalah hal ketiga terpenting setelah kemampuan problem solving dan critical thinking yang akan banyak dicari dari para calon pekerja pada tahun 2020.

Mengapa? Karena perusahaan selalu membutuhkan ide-ide segar untuk mengembangkan perusahaan tersebut. Kreativitas akan sangat menentukan hasil akhir dari sebuah plan yang di susun, tentunya juga membutuhkan strategi yang baik dalam menjalankannya.

Tangguh

Situasi persaingan di masa depan akan semakin tinggi dan sulit. Proses trial dan error akan mewarnai semua industri. Setiap perusahan harus selalu melakukan inovasi yang unik dan bermanfaat bagi khalayak banyak. Dan hal itu tentu saja membutuhkan sumber daya manusia yang tahan banting dan siap menghadapi tekanan kerja apapun.

Tahan terhadap tekanan disini artinya tidak mudah menyerah dan bisa mencari solusi dari setiap permasalahan. Kriteria karyawan teladan seperti inilah yang paling banyak di cari berbagai perusahaan.

Untuk sanggup menghadapi persaingan yang ketat dan ritme kerja yang tinggi justru membutuhkan stamina dan tubuh yang fit. Sehingga mulai dari sekarang kamu sudah harus membiasakan diri dengan gaya hidup sehat agar selalu bugar.