Saat mengerjakan tugas kuliah blended learning atau pekerjaan kantor yang membutuhkan ide segar. Terkadang kamu menemui beberapa kendala atau bahasa kerennya “mandek”. Dengan tidak ada satu pun yang terlintas di pikiran kamu, walau seberapa keras kamu berpikir untuk mendapatkan ide tersebut.

Pengalaman yang tidak menyenangkan memang, apalagi jika kamu berada di industri kreatif. Dimana kamu dituntut untuk selalu menawarkan karya-karya yang unik, berbeda dan bagus pastinya.

Nah, bila Pintarian berada kondisi ini, ada hal yang bisa kamu lakukan agar otak kamu lebih segar dan siap mencari jawaban yang kamu cari. Tentu dengan cara yang  tidak membuatmu menjadi lebih mandek pastinya, berikut beberapa diantaranya:

Jalan-Jalan Santai

Terpaku didepan laptop terlalu lama, bisa membuatmu lebih stres memikirkan ide yang akan kamu dapatkan. Beranjaklah dari meja kamu dan berjalan keluar untuk jalan-jalan santai melihat pemandangan di sekitar rumah atau kantor.

Hal ini dilakukan untuk mengalihkan perhatian kamu tugas dan pekerjaan kamu untuk sementara agar lebih tenang dan rileks.  Dan bisa pula kamu melakukannya, sambil mendengarkan musik favorit.

Interaksi dengan orang sekitar

Sebagai makhluk sosial, tentunya kamu perlu untuk berkomunikasi dengan teman, rekan kerja, atau bahkan keluarga. Obrolan yang mengalir mengenai berbagai hal yang sifatnya menyenangkan, bisa secara tidak sadar memberikan ide menarik lho.

Tapi ingat yah Pintarian, saat melakukannya. Pastikan teman obrolan bukan hal yang sifatnya terlalu serius atau yang juga terlalu santai seperti bergosip yang justru membuatmu memikirkan hal negatif.

Baca juga: Lebih Maksimal Saat Membaca Buku, Begini Caranya

Bermain

Bila sudah terlalu pusing untuk memikirkan apa yang harus dibuat. Bermain merupakan kegiatan yang menyenangkan yang bisa kamu lakukan agar tidak stres. Kegiatan secara offline seperti main kartu UNO, Ludo, dan lainnya bisa menjadi contoh hal yang bisa kamu lakukan bersama teman dan rekan kerja.

Sedangkan untuk online-nya, perangkat komunikasi atau smartphone yang kamu miliki , memiliki kapabilitas untk memainkan berbagai jenis game. Tapi, usahakan untuk tidak memainkan game yang justru membuatmu semakin stres, pilih lah jenis yang sederhana tapi tetap seru untuk dimainkan.

Browsing dan Baca Buku

Jika kamu masih penasaran, iseng-iseng browsing dan baca buku yang kamu suka juga bisa kamu lakukan. Dengan ketertarikan untuk mencari tahu dan membaca hal-hal yang bisa membuatmu bahagia, bisa membuat otak lebih santai dan bahkan bisa memberikan ide yang tidak diduga saat kamu melakukannya.

Tertawa

Dengan ketegangan atas ide tak kunjung datang, mungkin kamu membutuhkan sedikit komedi dalam hidup kamu. Di era digital ini, akses media sosial seperti menonton youtube atau podcast dengan tema-tema yang bisa membuatmu tertawa adalah alternatif yang membuatmu lebih tenang dan melupakan sejenak permasalahan kamu, termasuk saat kesulitan menemukan ide.

Tidur dan Meditasi

Kedua hal ini merupakan kegiatan yang tidak membutuhkan banyak effort untuk kamu lakukan. Melalui tidur sejenak dan meditasi, dapat memberikan kamu efek yang menenangkan. Bahkan bukan saja urusan peluang kamu untuk mendapatkan ide. Tapi secara emosional juga lebih terjaga.  

Jadi, sebelum kamu pasrah dan marah karena mandek ide. Coba dech beberapa hal yang telah dijelaskan diatas. Tetap semangat yah Pintarian!