Puluhan instansi pemerintah telah mengumumkan hasil seleksi administrasi CPNS 2018. Badan Kepegawaian Negara (BKN) mengumumkan di akun media sosialnya, sekitar 2,5 juta pelamar dinyatakan lulus tahap seleksi administrasi. Secara resmi, Pintarian bisa memeriksa sendiri hasil seleksi administrasi ini dengan melakukan login ke sscn.bkn.go.id

Bagi kamu yang lolos tahapan seleksi administrasi ini, sekarang waktunya mempersiapkan diri lebih baik lagi untuk menghadapi ujian Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) yang akan digelar di sekitar 225 lokasi yang tersebar di seluruh Indonesia.

Ujian SKD ini diproyeksikan akan terselenggara sesuai jadwal awal yaitu antara tanggal 27 Oktober hingga 17 November 2018. Apabila sesuai dengan jadwal itu, lokasi ujian akan diumumkan 2-3 hari sebelumnya. Ujian ini nantinya akan meliputi tiga aspek utama yang porsi penilaiannya cukup berimbang, yaitu 35 soal Tes Karakteristik Pribadi (TKP), 30 soal Tes Intelegensia Umum (TIU), dan 35 soal Tes Wawasan Kebangsaan (TWK).

Nah, Pintarian, apa ya kisi-kisi soalnya? Untuk TKP, soal-soal akan meliputi pertanyaan mengenai tingkat integritas diri, semangat berprestasi, kreativitas, orientasi pada pelayanan publik, kemampuan beradaptasi, keinginan bekerja keras, dan lain-lain. Sementara itu, untuk bagian TIU, soal-soal akan dirancang untuk mengukur kemampuan verbal (kemampuan menyampaikan informasi secara lisan maupun tulisan), kemampuan numerik, logika, serta kemampuan berpikir analitis. Terakhir, TWK akan menguji pengetahuan para calon tentang Pancasila, UUD 1945, serta sistem tata negara dan bahasa indonesia secara baik dan benar.

Untuk mengukur sejauh mana persiapan kamu menghadapi ujian seleksi nanti, Pintaria menyediakan simulasi tes online lho! Apa saja keuntungan yang bisa didapatkan dari mengikuti simulasi ini?

Pertama, kamu bisa mengakses simulasi ini secara gratis! Tiga paket yang diberikan itu bisa diakses tanpa pungutan biaya apapun. Jadi tak perlu ragu lagi karena dalam paket ini kamu tinggal fokus mengerjakan soal saja ya. Selain gratis, simulasi ini bisa dikerjakan tanpa perlu download aplikasi apapun sebelumnya!

Kedua, karena bisa diakses online, kamu bisa mengisi soal-soal dalam paket ini sepuasnya. Kamu bisa merasakan tes ini berkali-kali sehingga bisa mengusir rasa ragu atau dag-dig-dug dalam menghadapi ujian seleksi yang sesungguhnya nanti.

Ketiga, materi simulasi ini dipersiapkan berdasarkan peraturan BKN Nomor 9 tahun 2012 tentang Pedoman Pelaksanaan Pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil. Jadi, jangan heran kalau kisi-kisi soalnya sangat relevan dengan soal-soal di Ujian nanti ya!

Di akhir simulasi, kamu bisa melihat nilai yang kamu dapatkan. Jadi, semoga lancar dalam persiapannya ya, Pintarian!