Kreativitas itu seperti otot, yang harus direntangkan, ditantang dan kadang-kadang didorong melewati zona zamannya.

Kreativitas tidak datang setiap saat. Bahkan pada mereka yang pekerjaanya menuntut kreativitas sekali pun, ide-ide kreatif seringkali enggan muncul. Banyak hal yang memengaruhi kreativitas seseorang, bisa karena masalah pribadi, kurang tidur, kelelahan dan lainnya.Kabar baiknya, ada cara untuk meningkatkan kreativitas. Jadi, bagi kamu yang merasa tidak kreatif, jangan sedih, coba kiat berikut agar kreativitas kamu ‘on’ terus:  


Bangun lebih pagi

Bagi yang terbiasa bangun siang hari, coba deh untuk mulai kebiasaan bangun pagi karena otak menjadi lebih kreatif di pagi hari. Itu sebabnya, banyak orang kreatif sangat produktif di pagi hari. Jadi selelah apa pun kamu, paksakan untuk bangun pagi. Lakukan secara rutin agar menjadi kebiasaan baru.

Banyak baca dan diskusi

Keingintahuan akan menuntun kamu menuju kreativitas. Andrew Ng-sebelumnya dari Google dan sekarang di Baidu, adalah orang yang tidak percaya bahwa inovasi adalah sesuatu yang muncul begitu saja. Menurut Andrew, setiap orang bisa menjadi lebih kreatif dan inovatif secara sistematis. Caranya adalah dengan banyak belajar, membaca, dan ‘ngobrol’ dengan ahlinya untuk menyerap ilmu yang dimilikinya. Ketika kamu mendapatkan input yang cukup, ide-ide baru akan berlompatan di kepala.

Lakukan sesuatu yang kamu cintai

Terjebak pada situasi yang bikin kamu mati ide? Mungkin sudah saatnya melirik lagi hobi kamu. Hidup butuh keseimbangan supaya kreativitas kamu tidak mandek.  Tahukah kamu, cinta dan kreativitas itu saling terkait, lho. Hobi, seperti memainkan alat musik, bersepeda, berlari, melukis atau mengumpulkan koleksi, dapat membantu kamu relaks, sekaligus  mendongkrak kreativitas kamu.

Tinggalkan dan bersantai

Sudah nonton film Christopher Robin? Pesan moral dari film ini cukup menarik. Pooh, karakter boneka dalam  film ini mengajarkan, bahwa ada saatnya kita butuh waktu untuk tidak mikirin apa-apa, kecuali menikmati kehidupan. Kata Pooh, di saat kita ‘do nothing’ justru akan membawa kita pada ‘something.’  Terkadang, ide-ide terbaik akan datang ketika kamu tidak sedang mengaduk-aduk otak kamu, memikirkan ide-ide hebat. Bisa jadi, ide malah muncul di saat tidak terduga, misalnya, saat sedang berada di kamar mandi, duduk di peron stasiun, atau menikmati lalu lalang orang di pusat perbelanjaan. Jadi, jika merasa kreativitas kamu mandek, tinggalkan dan lupakan,  selanjutnya otak akan melakukan sihirnya.

Atur mood

Suasana hati yang buruk bisa bikin ‘mati ide’  dan berujung pada frustrasi’. Nah, musik, apa pun genre favorit kamu, bisa mengubah suasana hati. Ketika suasana hati membaik, maka kreativitas pun akan muncul. Bahkan seorang Steve Jobs, menggunakan musik untuk mengubah suasana hatinya dan membuat dirinya kreatif.  Tak hanya berlaku pada Steve Jobs, itu juga bisa bekerja untuk kamu juga, lho. Mau coba?