Kalau kamu punya waktu luang di antara masa-masa kuliah atau ingin memanfaatkan liburan, ada baiknya dimanfaatkan untuk mengikuti kegiatan program internship mahasiswa atau yang biasa dikenal dengan magang. Kegiatan magang ini biasanya wajib dilakukan oleh mahasiswa yang akan menyusun tugas akhir dalam perkuliahan, atau disebut juga dengan skripsi. Ada banyak keuntungan dan manfaat yang bisa kamu dapatkan dari kegiatan magang, apa saja? Berikut adalah penjelasannya;

Mempraktikkan Teori

Kapan lagi kamu mempraktikkan teori yang didapat saat belajar di bangku kuliah? Jika selama ini kamu hanya bisa membayangkannya melalui studi kasus yang diberikan  oleh dosen di kelas atau dari buku mata kuliah, kini kamu bisa menerapkannya di dunia nyata.

Bisa jadi teori kamu pelajari saat kuliah tidak sesuai dengan apa yang dihadapi di lapangan. Jangan lantas kamu menganggap kuliah tidak lagi berarti dan malah berniat berhenti. Justru dari sinilah kamu bisa mendapatkan pengalaman berharga yang bisa bisa menjadi bahan untuk berdiskusi di kelas bahkan bisa kamu tanyakan pada dosen pembimbing. Inilah pengalaman yang sekaligus pelajaran yang tidak bisa kamu dapatkan jika mengikuti program internship mahasiswa.

Tambah Pengalaman

Mengikuti magang mungkin menjadi kewajiban kamu untuk bisa lulus pada mata kuliah tertentu. Tapi kalau semata memenuhi kewajiban, kamu akan merasa terbebani. Inilah kesempatan kamu menjadikan kesempatan program internship mahasiswa ini untuk memperkaya pengalaman dalam dunia nyata.

Bukan hanya menyangkut pekerjaan, tetapi kamu juga bisa belajar bersosialisasi, beradaptasi dengan lingkungan yang berbeda, dan menghadapi berbagai macam tantangan atau mendapatkan hal-hal yang baru seraya memperkaya pengalaman batin kamu.

Buka Jalur

Saat ini banyak perusahaan baik itu perusahaan besar atau perusahaan menengah kebawah yang memanfaatkan jalur lowongan magang untuk mencari bibit-bibit unggul yang kelak direkrut menjadi karyawan. Karena itu, memanfaatkan kesempatan magang untuk menunjukkan kemampuan kamu adalah hal terbaik yang bisa kamu lakukan sebagai fresh graduate nantinya. Jangan kesal jika kamu mendapatkan tugas yang pastinya banyak dan beragam.

Selalu menjaga sikap dan menunjukan performa kerja yang terbaik meski kamu tidak mendapatkan bayaran untuk yang setara layaknya karyawan pada umumnya.  Bila kamu meninggalkan kesan yang baik, bukan tidak mungkin jika suatu hari kelak kamu akan diminta untuk bekerja di perusahaan tempat kamu magang. Bahkan bukan tidak mungkin berkesempatan bekerja di perusahaan startup yang kini jadi incaran para pencari kerja.

Nabung Poin di CV

Catatan saat mengikuti program internship mahasiswa adalah bukti bahwa kamu pernah menjadi bagian dari suatu lembaga atau perusahaan tersebut dan ikut berkontribusi di dalamnya. Hal itu bisa menjadi modal untuk melengkapi CV kamu saat melamar pekerjaan setelah lulus. Apalagi jika magang di perusahaan yang  memiliki reputasi yang baik maka kamu akan mendapatkan poin lebih dari segi pengalaman. Namun bukan berarti kamu hanya semata mengincar perusahaan-perusahaan besar saja demi menaikan gengsi pada CV.

Dalam sejumlah kasus, banyak pemagang yang merasa kecewa karena tidak punya kesempatan untuk banyak belajar di perusahaan yang bisa terbilang mapan. Sebaliknya, banyak pemagang justru merasa happy ‘mangkal’ di perusahaan kecil atau rintisan karena lebih bisa berkontribusi dan menjadi poin berharga di dalam CV-nya.