Pintarian, pendaftaran Kartu Prakerja resmi dibuka lho! Pada gelombang pertama pendaftaran Kartu Prakerja ini, pemerintah memberikan kuota sebanyak 164.000 peserta hingga Kamis, 16 April 2020. Ketika melakukan registrasi program ini, kamu perlu mengisi data diri serta menunggu untuk proses seleksi. Dan apabila tidak lolos, jangan takut. Kamu masih bisa mencobanya lagi di kesempatan berikutnya.  

Hal ini juga telah disampaikan oleh Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja, Denni Purbasari. Ia mengatakan bahwa akan ada sebanyak 30 gelombang pelaksanaan pendaftaran untuk program Kartu Prakerja ini. 

Sehingga, jika kamu tidak dapat mengikuti gelombang pertama, tetap dapat mendaftarkan diri pada gelombang selanjutnya. Dan kamu diperbolehkan untuk mendaftarkan diri pada program Kartu Prakerja ini adalah para penganggur yang sedang mencari kerja, buruh, karyawan, dan juga pegawai.

Baca Juga: Bantuan Bagi Tenaga Kerja di Tengah Situasi COVID-19

Dalam seleksi untuk mendapatkan Kartu Prakerja, peserta pun akan mengikuti dua tes yang harus dilalui. Tes tersebut adalah Tes Motivasi serta Tes Matematika Dasar. Tujuan diberlakukannya tes ini adalah untuk mengenali kompetensi dan potensi yang dimiliki oleh calon penerima Kartu Prakerja. 

Kedua Tes tersebut juga memiliki durasi yang berbeda. Untuk Tes Motivasi dan kemampuan dasar berdurasi 25 menit dengan 19 pertanyaan. Setelah melakukan tes tersebut, hasilnya pun akan langsung keluar dalam waktu 5 menit.

Penilaian lolos dan tidak lolosnya peserta ditentukan dengan sistem skoring. Untuk mengetahui lolos atau tidaknya, peserta akan mendapatkan notifikasi mengenai hal tersebut. Pemberitahuan ini akan disampaikan setiap Jumat sore atau paling lambat pada Senin pagi. 

 

Bagi para peserta Kartu Prakerja yang lolos, akan mendapatkan biaya pelatihan sebesar Rp1 juta dari mitra resmi, seperti Pintaria. Selain itu, kamu juga akan mendapatkan insentif pasca pelatihan dari pemerintah senilai Rp600 ribu per bulan selama 4 bulan. kamu pun berkesempatan untuk mendapatkan insentif tambahan senilai Rp150 ribu apabila mengisi survei mengenai program Kartu Prakerja.