Kesalahan yang sering terjadi Saat Bikin CV

Sebagai dokumen penting untuk melamar kerja, curriculum vitae (CV)  merupakan hal yang sangat diperhatikan oleh perusahaan tempat kamu melamar. Semua hal yang ada didalamnya punya peran untuk bisa membuatmu dipanggil wawancara atau test.

Meskipun begitu, tidak sedikit pelamar kerja yang cenderung masih salah saat membuat CV-nya. Dan jika sudah terjadi, bisa dipastikan kamu tidak masuk kedalam jajaran pelamar kerja yang lolos. Nah untuk lebih tahu kesalahan apa saja yang sering terjadi.

Ini dia beberapa diantaranya:

Memiliki alamat email yang kurang baik

Terlihat sederhana, tapi nama email bisa membuat HRD perusahaan berubah pikiran sebelum melihat data kamu yang lain.  Apalagi jika nama emailnya terkesan vulgar atau aneh. Maka dari itu, cobalah untuk membuat email baru yang memang difokuskan untuk kebutuhan yang sifatnya resmi, dengan nama yang baik, seperti menggunakan nama kamu, merupakan pilihan aman untuk nama email.

Dengan begitu kamu tidak lagi bingung, jika ada email pekerjaan dan lainnya ada di satu akun.

CV memiliki typo atau salah ketik

Menuliskan data diri, seperti kemampuan, dan pengalaman dalam CV  memang rentan untuk terjadi kesalahan penulisan. Hal ini tentu mengganggu dan bisa pembaca CV tidak nyaman. Selain itu juga semakin menegaskan kamu sebagai orang yang tidak teliti.

Bila kamu sudah selesai menuliskan CV,  bacalah sekali hingga dua kali untuk lebih memastikan tidak ada kesalahan penulisan yang terjadi.

Informasi Bohong

Kalau sudah bohong, kelak akan merepotkan kamu kedepannya. Sebagai tindakan yang buruk, bisa saja membuat kamu langsung tidak lolos. Tapi hal yang tidak kalah jelek adalah beban yang harus kamu jalani, jika ternyata perusahaan menerima kamu bekerja kerana pengalaman atau kemampuan yang ternyata hanya karangan kamu saja.

Daripada harus berbohong, kenapa tidak mengikuti berbagai macam seminar atau kursus untuk lebih meningkatkan kemampuanmu. Hal ini akan sangat membantu jika kamu termasuk individu yang belum memiliki banyak pengalaman kerja.

Nah, kebetulan Pintaria punya pelatihan dan kursus prakerja yang beragam dan bisa membantu kamu di dunia kerja. Dan yang juga menjadi keunggulannya yakni saat menyelesaikannya, kamu akan mendapatkan E-certificate yang bisa menjadi bukti dan data tambahan di CV kamu.

Baca juga: Bikin CV Makin Menarik, Siapkan Hal ini Dulu

CV terlalu panjang

Penulisan CV yang detail, ringkas, dan efisien merupakan jenis yang lebih baik, jika dibandingkan informasi dalam CV yang terlalu panjang hingga bertele-tele. Hal ini akan mengurangi daya tarik perusahaan dan merepotkan untuk mencari data yang dibutuhkan untuk perusahaan di antara informasi lain yang tidak penting.

Data diri terlalu pribadi

Memiliki kaitan dengan sebelumnya, menuliskan data diri yang terlalu pribadi . Hanya membuat CV kamu semakin panjang dengan informasi yang sebetulnya tidak dibutuhkan. Usahakan untuk memberikan informasi data diri yang secukupnya saja.

Foto tidak jelas

Bagaimana perusahaan tahu siapa pelamar kerja, jika foto dalam CV-nya tidak terlihat jelas.  Hal ini semakin menegaskan kamu pribadi yang tidak rapi dan cuek, karakter yang memberikan kesan buruk di dunia kerja.

Jika tidak bisa di cetak secara langsung bersamaan dengan CV nya. Cobalah membuat slot foto di CV yang bisa digunakan untuk memasang foto jelas kamu.

Itu dia Pintarian, beberapa kesalahan saat membuat CV yang bisa membuat peluang kamu semakin tipis untuk mendapatkan panggilan interview atau tes. Oh iya, jika kamu tertarik untuk lebih tahu mengenai cara melamar kerja. Pintaria juga punya lho beberapa kursus Prakerja yang membantumu saat melamar kerja.

Mau tahu lebih lanjut? Kamu bisa langsung mengunjungi https://pintaria.com/kartuprakerja

Leave a Comment

Pintaria Blog
Upgrade Dirimu Sekarang!
No any image found. Please check it again or try with another instagram account.