Kesalahan Bisnis Kuliner yang Bisa Bikin Rugi

Selain menjadi bagian dari perusahaan dan usaha. Tidak sedikit dari kamu yang memilih untuk membuka bisnis atau usaha sendiri agar bisa mendapatkan penghasilan. Apalagi dengan dukungan teknologi di era digital seperti saat ini.

Peluang untuk bisa membuka usaha dan dikenal luas menjadi  semakin mudah. Apalagi untuk usaha atau bisnis kuliner, kamu tidak dibatasi dengan penjualan secara offline tapi juga Online, yang memudahkan konsumen untuk tetap bisa menikmatinya bila terkendala  lokasi.

Dan siapa sih yang tidak butuh makan?  Maka dari itu, dengan langkah yang tepat  menjalani bisnis kuliner kamu bisa sukses dan mendapatkan keuntungan yang besar.

Hanya saja, dalam prosesnya tidak sedikit pelaku bisnis kuliner yang masih saja melakukan kesalahan  yang rentan menghancurkan atau setidaknya merugikan bisnisnya.

Untuk tahu apa saja, berikut beberapa kesalahan yang biasa terjadi saat membangun bisnis kuliner yang dilansir dari Swara.tunai.com.

Salah dalam riset pasar dan kompetitor

Sebelum kamu membuka bisnis kuliner,  ada baiknya kamu untuk melakukan riset terlebih dahulu. Apa yang sedang ramai saat ini? Dan siapa saja kompetitornya.  Karena jika kamu hanya bermodalkan “ Semua orang butuh makan” kelak bisa berdampak buruk jika tidak dipersiapkan dengan baik.

Coba untuk membuat rencana atau strategi yang selalu update dengan situasi saat ini dan prediksi kedepannya.  Jangan sampai nantinya, kamu memulai bisnis saat sudah terlalu banyak yang melakukannya dan membuat peluang untuk dikenal semakin kecil.

Dengan melakukan riset, kamu juga semakin tahu celah apa yang bisa kamu ambil. Apabila jenis bisnis kuliner sama dengan apa yang sudah ada, kamu bisa mencari strategi agar bisnis kamu terlihat berbeda, baik dari segi konsep atau cita rasa yang ditawarkan.

Minim Pemahaman Bisnis Kuliner

Hampir sama seperti sebelumnya. Saat memulai bisnis, kamu tidak tahu secara pasti cara membangun bisnis kulinernya yang berpotensi besar, kamu akan menemui kegagalan. Untuk itu, sebelum mengawalinya, cobalah untuk bertanya dan cari informasi sebanyak-banyaknya yang pada akhirnya yakin untuk mengawalinya.

Lokasi bisnis

Walau kini usaha kuliner sangat dibantu dengan penjualan secara online. Tapi, bukan berarti lokasi tidak penting.  Untuk jenis usaha kuliner yang dapat menggunakan jasa pengiriman untuk keluar kota, seperti cemilan, kue, dan lainnya memang tidak terlalu kena dampak. Tapi lain halnya, dengan penjualan kuliner yang harus dinikmati di hari yang sama.

Lokasi bisnis yang terlalu jauh, menyulitkan kamu untuk menjangkau lebih jauh konsumen penikmat kuliner. Kalau pun bisa, biaya pengirimannya kemungkinan akan lebih besar dari biaya makanannya.

Maka dari itu, tempat membuka lokasi bisnis tetap harus menjadi pertimbangan.

Baca juga: Tips Memaksimalkan Bisnis Online di Era Digital

Tidak melakukan promosi

Promosi merupakan hal penting dan efektif untuk memperkenalkan produk kamu secara luas.  Jangan cuma mengandalkan informasi dari mulut ke mulut yang mungkin efektif tapi membutuhkan waktu lama untuk bisa menjadikan usaha kamu dikenal.

Sisihkan dana dan waktu untuk promosi di semua platform yang tersedia. Termasuk memanfaatkan media sosial sebagai platform kamu untuk promosi dan beriklan.

Kualitas Makanan yang kamu jual

Percuma saja kalau dengan segala tampilan dan juga iklan yang kamu sebar, ternyata tidak sejajar dengan kualitas makanan yang kamu jual. Seperti rasa, harga, dan ukurannya, apakah sesuai dengan harapan konsumen. Bila tidak, maka akan sulit usaha kamu untuk berkembang.

Manajemen keuangan yang buruk

Manajemen keuangan yang buruk akan berdampak pada keseluruhan alur perkembangan dari bisnis kuliner kamu. Maka dari itu, kamu harus dengan teliti mengatur keuangan dengan lebih baik dari segala aspek, seperti pengeluaran pembelian bahan, pemasukan, dan lainnya

JIka kamu ingin tahu dan bersemangat membuka usaha. Pintaria punya kesempatan besar nih untuk kamu. Apalagi kalau kamu merupakan peserta dari program kartu prakerja.

Di Pintaria, banyak pelatihan prakerja yang sangat bermanfaat dan mendukung kebutuhan kamu untuk membuka berbagai jenis usaha dan persiapannya. Termasuk salah satunya, membuka usaha kuliner.

Jika ingin tahu lebih lengkapnya, kamu bisa langsung mengunjungi www.Pintaria.com/Kartuprakerja.

 

 

 

Leave a Comment

Pintaria Blog
Upgrade Dirimu Sekarang!
No any image found. Please check it again or try with another instagram account.