Perjalanan kamu selama hampir 4 tahun menjalani pendidikan di bangku kuliah semakin dekat menuju akhir. Dengan harus melewati satu langkah lagi yakni skripsi, sebagai syarat untuk meraih gelar sarjana kamu.

Memang, kamu akan memiliki banyak waktu untuk bisa mengerjakan skripsi, karena tidak ada lagi atau sedikit mata kuliah yang harus kamu jalani . Tapi faktanya, tidak semua bisa berjalan mulus untuk bisa membuat skripsi kamu selesai.

Banyak kendala dan hambatan yang kamu hadapi, bahkan diantaranya bisa membuat kamu putus asa dan terlena hingga kamu banyak membuang waktu berharga dan tidak lagi berada di garis merah menuju gelar sarjana.

Pintarian, yuk kenali kesulitan apa saja yang akan kamu temui dan solusi yang bisa kamu ambil saat membuat skripsi,

Pusing Mencari Judul Skripsi

Hal ini menjadi permasalahan awal yang akan kamu temui saat ingin membuat skripsi, tema dan judul apa yang kamu akan angkat.  Faktor kenapa hal ini bisa terjadi, karena kamu kurang mendapatkan referensi untuk lebih membuka cakrawala dan ide yang bisa kamu ketahui.  Bahkan dengan kesiapan dan referensi yang kurang, bisa berdampak pada judul dan tema yang tidak menarik hingga mengangkat judul yang pernah diangkat sebelumnya.

Solusi akan hal ini adalah dengan lebih rajin untuk pergi ke perpusatakaan, mulailah baca-baca buku atau googling berbagai peristiwa dan berita yang bisa dikaitkan dengan skripsi dan jurusan kamu.

Alternatif lain, yakni dengan mencoba melihat dan membaca judul skripsi  yang sudah pernah dibuat oleh alumni, siapa tahu kamu mendapatkan ide baru.

Kesulitan Menemui Dosen Pembimbing Skripsi

Sosok penting untuk bisa membantu dan membimbing kamu untuk mengerjakan skripsi . Hanya saja, untuk bisa menemuinya, kamu akan kesulitan, karena  bisa jadi satu dosen pembimbing melayani lebih dari satu mahasiswa untuk bimbingan. Ditambah lagi dengan aktivitasnya yang lebih dari sekadar pembimbing saja.

Untuk hal ini, ada baiknya kamu tetap semangat untuk selalu membina hubungan baik dengan dosen pembimbing kamu. Jika ingin bertemu atau bertanya, pastikan dulu ia dalam keadaan yang memang memungkinkan. Hindari menelepon terlalu malam atau di weekend.

Kelak seiring waktu, dosen pembimbing akan mengerti dan luluh dengan semangat kamu untuk mengerjakan skripsi.

Baca juga: Pilih Jurusan Hukum, Ada 6 Alasan Untuk Membuatmu Lebih Yakin

Sulit Mencari Bahan Skripsi

Hal ini biasa terjadi, bila judul atau tema skripsi kamu tergolong unik. Selain mencoba referensi secara digital melalui situs yang dapat dipercaya . Tentu kamu membutuhkan dukungan karya tulis atau buku yang bisa dicari di toko buku besar hingga pertokoan buku kecil.

Sulit Memahami Teori Utama dan Pendukung Skripsi

Bila kamu kamu berada di kondisi ini, coba untuk bertanya pada dosen mata kuliah yang erat dengan teori yang akan kamu gunakan, jangan sampai nanti pada sidang skripsi, kamu akan bingung untuk menjawab pertanyaan penguji mengenai teori yang kamu pakai dalam skripsi kamu.

Teknik Penulisan dan Pengetikan yang Salah

Dengan semuanya sudah siap, bagian inilah yang mungkin akan memakan banyak waktu kamu. Dan rentan untuk melakukan penulisan dan pengetikan yang salah.

Untuk awalnya, jangan terlalu pusing memikirkan ejaan, tanda baca, kutipan dan lainnya. Fokuslah pada penyelesaian skripsi. Dan bila sudah selesai, baru lah kamu mengalihkan perhatian pada hal yang  sifatnya teknis, seperti pengetikan dan gaya penulisan yang benar.  Intinya pada proses ini, kamu harus sabar dan teliti saat memeriksanya.