Dengan kondisi kesehatan mental yang baik, seseorang akan lebih mudah mengembangkan berbagai potensi individunya serta terus memelihara hubungan baik dengan orang lain. Sebaliknya, gangguan kesehatan mental akan menghambat aktivitas dan sangat mungkin mengganggu kehidupan sosial seseorang.

Nah, masih dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Mental Se-Dunia yang dinobatkan setiap tanggal 10 Oktober, yuk pahami beberapa masalah seputar gangguan mental yang kerap ditemukan dalam kehidupan kita sehari-hari.

  1. Stres

Kita pasti sering mendengar teman atau kenalan kita yang sering mengeluh stres. Penyebabnya bisa berbagai macam, dari urusan pekerjaan sampai tumpukan tugas di kantor. Umumnya, orang tidak terlalu peduli dengan gangguan stres. Makanya stres sering dianggap remeh. Padahal, kalau terus dibiarkan tanpa penanganan yang tepat, stres bisa ikut mengganggu kesehatan fisik juga.

  1. Depresi

Banyak orang tak bisa membedakan depresi dengan stres. Jika stres adalah keadaan ketika seseorang mengalami tekanan berat baik secara emosi maupun secara mental, depresi merupakan gangguan suasana hati yang membuat penderitanya terus-menerus merasa sedih.

  1. Gangguan kecemasan

Beberapa orang bisa sangat cemas jika menghadapi situasi tertentu atau keadaan dimana dia tidak nyaman. Bagi mereka dengan gangguan kecemasan, sedikit pemicu saja bisa membuat jantung berdegup, keringat dingin, gugup bahkan syok.

Salah satu hal yang bisa melindungi kita dari gangguan kesehatan mental adalah dengan membangun sistem ketahanan yang baik. Seperti gangguan kesehatan fisik, gangguan mental juga bisa diatasi dengan membangun daya tahan yang kuat sehingga kita tahan menghadapi berbagai persoalan ataupun tekanan hidup yang berpotensi menimbulkan stres maupun depresi. Meditasi adalah salah satu cara yang efektif untuk mengembangkan emosi positif serta membangkitkan ketenangan.

Jika kalian memiliki masalah mental seperti di atas, segera cari bantuan dengan bercerita kepada keluarga, teman dekat, psikolog atau psikiater. Begitupun jika teman kalian memiliki masalah gangguan mental, usahakan selalu memberikan dukungan positif agar mereka tidak merasa sendiri.

Semoga kita semua terhindar dari gangguan kesehatan fisik maupun mental ya, Pintarian!