Apakah kamu sudah pernah mendengar program Kartu Prakerja? Bila belum, Pintaria mau ajak kamu mengenal lebih dekat dengan program menarik dari pemerintah ini.

Pada awal kemunculan dan pengumuman resminya pada tanggal 20 Maret 2020, program Kartu Prakerja bertujuan untuk pengembangan sumber daya manusia (SDM) dan perekonomian tenaga kerja melalui bantuan pelatihan serta Insentif bulanan.

Seiring waktu dan pandemi Covid-19 yang terjadi di dunia dan Indonesia saat ini. Program Kartu Pra kerja semakin memfokuskan penerimaan dari manfaat program ini kepada pihak yang terkena dampak dari wabah yang dikenal pula dengan virus corona ini.

Menariknya, program Kartu Prakerja ini juga memberikan insentif untuk pesertanya senilai Rp2.550.000,- dan pelatihan dari mitra resmi, dan salah satu yang ditunjuk oleh Kemenko Perekonomian yaitu Pintaria.

Bila kamu mendapatkan kartu Prakerja, Pintaria memberikan kesempatan besar untuk kamu melakukan pelatihan senilai Rp1 juta . Enak banget kan!

Tertarik? Pastinya Donk!

Tapi untuk untuk mendaftar dan mendapatkan program kartu Prakerja.  Ada beberapa syarat yang harus kamu pahami terlebih dahulu Pintarian, yaitu:

  1. Kamu adalah Warga Negara Indonesia (WNI) dan harus berusia minimal 18 tahun dan tidak ada usia maksimal
  2. Diutamakan kamu yang terkena imbas ekonomi akibat COVID-19
  3. Tidak sedang sekolah/kuliah

Simpel kan syaratnya? Dengan tiga syarat tersebut kamu sudah bisa mendaftar dan berkesempatan untuk mendapatkan Kartu Prakerja dan mendapatkan segala manfaat yang diberikannya. 

Seperti insentif yang diberikan secara berkala selama 4 bulan sebesar Rp600 ribu, lalu tambahan Rp150 ribu yang diberikan bila kamu telah menyelesaikan 3 survei dari pemerintah. Dan pastinya mendapatkan pelatihan dari Pintaria. 

Dan tidak perlu takut Pintarian, walau kamu sedang tidak berada di Indonesia. Kamu tetap bisa mendapatkan kesempatan. 

Lalu untuk proses pendaftarannya kamu harus melalui beberapa tahap yakni:

  • Registrasi melalui website resmi Kartu Prakerja di www.prakerja.go.id
  • Mengisi data diri dan menunggu pemberitahuan persetujuan dari pihak penyelenggara di dashboard akun prakerja masing-masing.
  • Jika disetujui, peserta akan menerima unique ID yang siap digunakan untuk mengakses pelatihan
  • Mengunjungi www.pintaria.com/kartuprakerja
  • Pilih pelatihan yang diinginkan, daftar menggunakan unique ID Kartu Prakerja yang dimiliki
  • Selesaikan pelatihan di Pintaria
  • Jika sudah selesai, insentif bisa diterima melalui e-wallet atau rekening bank BNI yang didaftarkan di awal registrasi

Dan jangan lupa saat mendaftar pemerintah, kamu wajib mempersiapkan dan memasukan data yaitu nama, NIK, nomor H, domisili, pendidikan terakhir, nomor akun (BNI, digital wallet/OVO atau LinkAja), Foto KTP dan swafoto. 

Untuk pelatihannya bersama Pintaria, ada banyak kategori yang bisa kamu pilih, dari bahasa Kewirausahaan, Marketing, Food and Beverage, Teknologi, Komunikasi, dan lain sebagainya.

 

Kamu bisa mendapatkan lebih dari satu pelatihan,selama tidak melebihi Rp1 juta secara total. Dan kamu tetap bisa mendapatkan insentif walau tidak menghabiskan jatah pelatihan selama sudah menjalani durasi minimumnya yakni 3-5 jam.  

 

Nah, untuk tata cara penggunaan jatah pelatihan bisa dilakukan dengan cara:

  • masuk ke pintaria.com/kartuprakerja
  • Memilih pelatihan yang diinginkan, klik “Beli”
  • Masukkan data diri/sign up (jika belum punya akun di Pintaria)
  • Lanjutkan proses sampai laman pembayaran
  • Klik pada pilihan “"Saya terdaftar di Kartu Prakerja"
  • Masukkan ID Kartu Prakerja
  • Masukkan kode OTP yang dikirim melalui SMS
  • Pembayaran sukses
  • Akses materi belajar di menu “Kelas Saya”

Setelah menjalani pelatihan dan lulus test, kamu akan mendapatkan E-Certificate. Oh iya, untuk kelulusan test pelatihan, minimal kamu bisa menjawab 50 persen pertanyaan secara benar. Dan tidak perlu takut kalau gagal, karena kamu tetap bisa mencobanya kembali. 

 

Dengan mendapatkan E-Certificate dan menyelesaikan satu kursus dari Pintaria, maka kamu sudah layak mendapatkan insentif yang waktu pengirimannya ditentukan oleh penyelenggara (pemerintah). 

 

Sekarang keputusan ada di tangan kamu nih, mendaftarkan dan berkesempatan untuk menjadi bagian dari program kartu Prakerja, yang pendaftarannya sudah dibuka sejak tanggal 11 April 2020, yang prosesnya di bagi kedalam beberapa gelombang. 

 

Ayoo buruan daftar!