Di era serba digital ini, pendidikan menjadi salah satu bidang yang diuntungkan dengan semakin berkembangnya teknologi seperti. Berbagai masalah yang selama ini menghambat dunia pendidikan seperti lokasi yang jauh, biaya yang mahal dan kesulitan membagi waktu bisa diatasi dengan adanya teknologi yang memudahkan siapa saja dalam mengakses pendidikan.

E-Learning atau online learning dan blended learning menjadi solusinya. E-Learning atau online learning tentu sudah tidak asing lagi bagi para pelajar sekarang ini. Nah bagaimana dengan blended learning?

Jadi menurut Semler (2005) “Blended learning combines the best aspects of online learning, structured face-to-face activities, and real world practice. Online learning systems, classroom training, and on-the-job experience have major drawbacks by themselves. The blended learning approach uses the strengths of each to counter the others’ weaknesses.”

Singkatnya, blended learning adalah metode belajar yang menggabungkan antara kuliah online dan kuliah tatap muka (secara offline). Metode belajar dengan cara ini sangat cocok dilakukan bagi pelajar yang ingin melanjutkan pendidikan dan mendapatkan gelar Sarjana namun bisa sambil bekerja membangun karier. Dengan metode ini, kamu akan mendapatkan banyak kemudahan saat berkuliah.

Mau tahu apa saja kemudahan yang kamu dapatkan dari kuliah dengan metode blended learning? Berikut ini berbagai keuntungan yang bisa kamu dapatkan;

Fleksibel

Bayangkan jika kamu kuliah sambil bekerja, tentu saja akan sangat melelahkan kalau kamu harus ke kampus sepulang kerja. Belum lagi jika jalanan macet atau cuaca yang tidak mendukung. Biasanya hal-hal tersebut akan membuat kamu merasa malas untuk datang ke kampus. Hal ini bisa saja menjadi kendala kamu saat kuliah.

Dengan kuliah metode blended learning kamu bisa menghemat waktu karena kamu bisa belajar semua materi perkuliahan kapan saja dan dimana saja, bertanya pada dosen mata pelajaran dan bahkan berdiskusi dengan dosen dan teman sekelas secara online. 

Kamu hanya perlu datang ke kampus satu hari dalam seminggu contohnya kuliah di hari Sabtu. Dengan menggunakan metode belended learning seperti, kamu bisa mengatasi hambatan belajar secara mandiri.

Hemat biaya

Biaya kuliah dengan metode blended learning jauh lebih rendah ketimbang kuliah dengan metode reguler (tatap muka di kelas). Tak tanggung-tanggung, perbedaan biayanya bisa mencapai 50% lebih rendah lho! Bahkan, ada penawaran biaya kuliah mulai dari 700 ribuan per bulan! Selain itu juga kamu tidak usah mahal-mahal membeli buku materi kuliah karena sudah disediakan secara online dan bisa di-download kapan saja. Gaya dan cara belajar efektif seperti ini tentu saja akan lebih praktis dan mudah untuk dilakukan dimana saja

Selain kamu juga bisa menghemat waktu karena tidak perlu bermacet-macetan untuk datang ke kampus, dengan kuliah metode blended learning kamu bisa menghemat biaya transportasi untuk ke kampus setiap hari.

Materi Interaktif

Pernahkah kamu membayangkan, berada di dalam kelas di mana dosen menjelaskan materi kuliah yang tidak kamu mengerti. Tentu saja agar bisa mengerti materi yang diajarkan, kamu akan bertanya dan minta dijelaskan berkali-kali bukan? Paling tidak kamu harus melakukan pendekatan ke dosen tersebut.

Dengan adanya metode blended learning ini, kamu bisa mengulang-ulang penjelasan dari dosen mengenai materi yang tidak kamu mengerti. Inilah kemudahan belajar blended learning yang tak banyak orang ketahui. Bahkan tidak hanya itu saja, kamu juga bisa menyesuaikan jenis materi yang paling sesuai dengan cara belajar yang paling membuat kamu nyaman, baik lewat video dari dosen, ataupun podcast dan materi tertulis dalam format e-book. Semua ini ditambah lagi dengan berbagai live session, online chat dengan dosen dan berbagai dukungan teknologi lainnya.

Efektif dan efisien

Cara setiap orang dalam belajar memang berbeda-beda satu sama lain. Misalnya, kamu lebih suka belajar di malam hari sebelum tidur, sedangkan temanmu lebih suka belajar di pagi hari sebelum berangkat ke kantor. Atau kamu lebih suka belajar di cafe sedangkan temanmu lebih konsentrasi jika belajar di perpustakaan.

Nah dengan kuliah metode blended learning ini kamu bisa mengatur sendiri waktu dan tempat belajarmu. Selama tugas terselesaikan dan kamu ikut disetiap live discussion kamu bebas belajar kapan saja dan di mana saja. Selain efektif, efisien, menyenangkan sekali bukan kuliah dengan metode blended learning ini?

Kalau kamu ingin mencoba metode belajar blended learning seperti ini, kamu bisa coba di kampus mitra Pintaria yang menyediakan berbagai pilihan jurusan yang bisa disesuaikan dengan minat kamu. Berbagai mitra itra kampus itu seperti;

 

Berbagai jurusan di kampus-kampus ternama ini cukup menjadi favorit dan banyak diminati oleh para pelajar, khususnya S1 blended learning. Seperti Akuntansi, Manajemen, Sistem Informasi, Teknik Informatika, hingga Ilmu Hukum.

Selain memberikan banyak keuntungan, kuliah blended learning ini menjadi solusi yang tepat bagi para pelajar yang ingin tetap berkuliah sampai membangun karir di dunia kerja. Tidak hanya itu saja, bagi mahasiswa yang ingin melanjutkan jenjang pendidikan mereka ke pascasarjana, kuliah S2 blended learning juga tersedia. Jadi kuliah semakin mudah dan berkarierpun lancar.

Apa saja keuntungan kuliah blended learning di Pintaria?

  • Bermitra dengan deretan kampus ternama yang terakreditasi BAN-PT
  • Terdapat pilihan jurusan favorit dengan jenjang karier yang menjanjikan
  • Jadwal yang fleksibel, dapat di akses di mana saja dan kapan saja
  • Biaya kuliah terjangkau, jauh lebih rendah dari kuliah regular
  • Materi pelajaran yang ringan, jelas dan mudah di mengerti Mahasiswa

Ingin kuliah blended learning? Pintaria tempatnya!