Kelebihan dan Kekurangan CV yang Sering Terjadi

Mencari kerja adalah sebuah proses petualangan. Anda ‘berlomba’ melawan peluang untuk mendapatkan pekerjaan yang diimpikan dan menulis Curriculum Vitae (CV) yang bagus sangat penting dalam ‘perlombaan’ ini.

CV sangat penting karena mewakili ide awal pelamar potensial kepada recruiter. Oleh karena itu, pelamar dapat menggunakan segala macam metode dan cara untuk meningkatkan CV mereka, untuk membuat dokumen sempurna yang akan memenuhi kriteria. Namun, saat melakukannya mereka mungkin berlebihan dan lalai tentang hal-hal tertentu, yang akhirnya dapat melewatkan tujuan pembuatan CV itu sendiri.

Hal ini penting, karena statistik menunjukkan bahwa recruiter menghabiskan hampir 15-20 detik untuk CV dan bahwa CV Anda menangkap perhatian mereka dalam rentang waktu itu. Selain itu, dalam beberapa detik setelah memposting iklan, ratusan aplikasi diterima dan orang dapat membayangkan seberapa baik CV harus menarik perhatian dalam waktu yang singkat.

Simak petunjuk seputar kelebihan dan kekurangan CV di bawah ini, sehingga Anda dapat meningkatkan peluang agar CV Anda menarik recruiter.

Jangan berbohong

Melansir Independent UK, sebuah survei CareerBuilder meminta 2.000 recruiter kerja untuk menyebutkan kesalahan dalam pembuatan CV. Hasilnya, kebohongan terang-terangan adalah pilihan populer. Satu kandidat mengaku sebagai mantan CEO perusahaan tempat dia melamar, yang lain mengaku sebagai pemenang Hadiah Nobel, dan yang lainnya mengklaim pernah kuliah di sebuah perguruan tinggi yang fiktif.

Rosemary Haefner, Kepala Sumber Daya Manusia di CareerBuilder, mengatakan kebohongan ini sebagai bagian dari upaya untuk mengkompensasi kurangnya 100 persen dari kualifikasi yang ditentukan dalam posting pekerjaan.

Namun, Haefner mengatakan para kandidat harus berkonsentrasi pada keterampilan yang dapat mereka tawarkan, daripada keterampilan yang tidak dapat mereka tawarkan.

Baca juga: Bikin CV Makin Menarik, Siapkan Hal ini Dulu

Jangan mencantumkan informasi yang tidak perlu

CV memang berisi tentang informasi pribadi Anda seperti usia, jenis kelamin, status perkawinan, dan mungkin bahkan hobi Anda. Namun, jangan berlebihan untuk mencantumkan apa yang Anda suka dan yang tidak Anda suka. Tidak ada yang punya waktu untuk membaca rincian kehidupan pribadi Anda. Tidak menutup kemungkinan lamaran Anda akan ditolak, bahkan jika Anda memenuhi syarat untuk pekerjaan itu. Hal-hal seperti orientasi gender dan pandangan keagamaan cenderung kontroversial dan menciptakan konflik di benak recruiter.

Hindari juga hal-hal menarik seperti kehidupan sosial Anda dan pengalaman yang tidak lazim, yang dapat membawa citra yang tidak serius. Jika Anda ingin memasukkan informasi pribadi apapun, gunakan informasi yang relevan dengan profil pekerjaan Anda.

Jangan menggunakan satu CV untuk semua jenis pekerjaan

Kelebihan dan kekurangan CV juga dapat ditemukan dalam format saat membuat CV. Format yang Anda pilih paling tidak bersesuai dengan spirit perusahaan yang dituju atau jenis pekerjaan yang hendak dilamar. Membuat CV yang relevan ini penting, karena berpeluang diterima. Daripada menerapkan satu CV dalam mendaftar berbagai pekerjaan.

Contohnya, Anda memiliki pengalaman di bidang jurnalistik dan bidang pendidikan. Jika Anda akan melamar ke pekerjaan yang berhubungan dengan perusahaan penjualan atau retail, lebih baik Anda membuat satu versi yang berbeda. Sehingga, waktu Anda melamar untuk pekerjaan di bidang pendidikan Anda tidak akan mengirimkan CV yang isinya lebih menonjolkan kemampuan Anda saat menjadi seorang jurnalis.

Akan dibutuhkan ekstra usaha, waktu, serta kreativitas untuk membuat CV jadi beberapa jenis versi yang relevan dengan lowongan kerja. Karena akan sangat mubazir jika satu CV yang Anda buat, dikirimkan ke puluhan bahkan ratusan perusahaan, namun hanya satu dua perusahaan yang benar-benar merespon.

Mencantumkan data penting

Setelah mengetahui kekurangan yang sering terlupakan dalam membuat CV, berikut ini merupakan kelebihan yang akan membuat CV Anda efektif. Hal tersebut meliputi riwayat pendidikan, riwayat pekerjaan, dan referensi akademik atau pekerjaan. Sekarang Anda dapat mengerti mengapa sangat penting untuk menyadari kelebihan dan kekurangan CV, sehingga Anda tidak akan ditolak dalam proses rekrutmen, bahkan sebelum mencapai tahap wawancara.

Leave a Comment

Pintaria Blog
Upgrade Dirimu Sekarang!
No any image found. Please check it again or try with another instagram account.