Belum diketahui secara pasti, sampai kapan aturan untuk berada di rumah ini dilakukan. Tapi setidaknya beberapa dari kamu sudah menjalaninya cukup lama, dengan bekerja,kuliah, blended learning, dan sekolah di rumah . Dan dengan kondisi seperti saat ini, ada baiknya nih Pintarian, mencoba beberapa hal di rumah untuk menghilangkan kebosanan dan disaat yang sama mengasah keahlian lama atau baru kamu.

Lalu apa saja yang bisa kamu lakukan untuk mengisi waktu secara bermanfaat bahkan menguntungkan selama karantina di rumah, ini beberapa diantaranya?

Fotografi, Edit Video dan Foto

Dengan teknologi fotografi dan video yang semakin baik di perangkat ponsel dan komputer. Maka tidak ada salahnya kamu untuk semakin mendalami proses pengeditan foto dan video secara lebih baik. Apalagi dengan beragamnya aplikasi pendukung yang hadir secara gratis dan berbayar, tentu saja memberikan ruang eksplorasi yang lebih baik untuk kamu semakin mengasah kemampuan fotografi, video dan proses editingnya.

Memasak

Kapan lagi kamu memiliki kesempatan dan waktu yang lebih baik untuk memasak. Dengan fleksibilitas waktu kerja, kuliah, sekolah, dan blended learning. Kamu bisa berkreasi menciptakan beragam macam kuliner yang belum pernah kamu coba sebelumnya.

Disisi lain juga menjadi solusi agar kamu bisa lebih hemat. Dan bukan tidak mungkin melalui rajin memasak beragam macam kuliner, kelak nantinya kamu bisa siap membuka usaha.

Baca juga: Selebriti Indonesia yang Mahir Berbahasa Asing

Berkebun

Memanfaatkan halaman rumah untuk tujuan yang lebih produktif? Kenapa tidak! Tidak perlu halaman yang luas, dengan luas halaman yang seadanya juga masih cukup untuk berkebun tanaman hias hingga sayuran yang bisa bermanfaat kelak untuk kamu.

Kerajinan Tangan

Jangan sampai pendemi, membuat kreativitasmu terhambat. Selama di rumah kamu bisa memanfaatkannya untuk menghasilkan beberapa karya seperti lukisan, aksesoris, dan masih banyak lagi.

Buka Usaha

Dari beberapa hal yang dijelaskan sebelumnya, membuka usaha kecil-kecilan bisa menjadi hal yang bisa kamu lakukan. Fotografi,  memasak, kerajinan tangan, dan berkebun. Memungkinkan kamu untuk melakukan pekerjaan sampingan selama karantina yang bisa memberikan pemasukan tambahan.

Apalagi dengan kemudahan yang bisa diberikan di era digital yang memudahkan pengusaha kecil untuk melakukan penjualan secara online.

Bernyanyi dan Menari

 Bernyanyi dan menari bisa jadi merupakan bakat terpendam kamu. Dan tidak salahnya untuk melatihnya dengan lebih baik, tidak terkecuali memainkan instrumen musik yang mungkin dulu sempat kamu tinggalkan akibat kesibukan.

Apalagi dengan adanya Youtube, Instagram, dan TikTok. Bila kamu yakin dan percaya diri, coba saja untuk upload karya kamu. Siapa tahu bisa menjadi influencer bahkan artis di media sosial.