Jualan Online Tidak Laku, Mungkin Ini Penyebabnya

Membuka usaha dengan cara berjualan produk, kini tidak lagi sulit. Hal ini berkat kehadiran media sosial dan juga platform e-commerce yang kian beragam. Dengan begitu kamu tidak perlu lagi memikirkan uang sewa toko, karena semuanya bisa dilakukan secara online.

Akan tetapi dengan segala kemudahan yang dimiliki. Tidak sedikit dari penjual yang masih melakukan kesalahan yang berakibat pada daya tarik dan penjualan yang kurang mendapatkan perhatian dari calon pembeli yang melihat produk yang kamu jual.

Dan uniknya, kesalahan yang terjadi cenderung sederhana dan sebetulnya mudah terlihat. Apalagi jika kamu menggunakan sudut pandang konsumen yang ingin membeli barang.

Penasaran kesalahan apa saja yang biasa dilakukan saat menjual produk secara online? Yuk langsung simak beberapa diantaranya:

Penjelasan Mengenai Produk Tidak Detail

Dengan produk yang kamu jual secara online,  usahakan untuk memberikan penjelasan mengenai produk dengan baik dan jelas. Anggap saja, tidak semua pembeli memahami dengan produk yang kamu jual.

Pastikan pula, penjelasan yang kamu berikan. Memiliki bahasa yang mudah dimengerti dan lengkap. Masukan segala informasi mengenai produk yang  umum ingin diketahui oleh pembeli. 

Karena jika tidak atau memberikan informasi yang minim, membuat pembeli ragu untuk membeli produk di toko online kamu.

Foto Produk tidak Jelas

Memiliki kaitan dan peran penting yang serupa dengan deskripsi produk.  Kamu harus memperlihatkan produk kamu dengan baik dan jelas. Dan pastikan pilihan foto yang diberikan juga beragam, dengan begitu calon pembeli mengerti dan memahami kondisi dari produk yang dijual.

Karena dengan foto yang buruk dan tidak jelas, pembeli takut akan wujud dan kualitas produk kamu. Hal lain yang juga sebaiknya diperhatikan yakni untuk tidak menggunakan foto produk yang kamu ambil dari internet. Hal ini akan memperkuat keraguan dari calon pembeli terhadap keaslian dari produk yang kamu jual. Selain potensi kamu melanggar hak cipta penggunaan foto.

Barang Tidak Sesuai dengan Foto

Momen ini akan sangat merusak reputasi toko online kamu. Karena berkaitan dengan kepercayaan yang hancur dan ulasan buruk dari pembeli yang bisa membuat calon pembeli lainnya lari.

Untuk itu, pastikan membungkus produk dengan sangat baik dan aman. Agar produk sampai dalam kondisi yang sama dengan foto yang kamu perlihatkan.

Lain halnya jika ternyata foto produk dan aslinya tidak sesuai atau bahkan berbeda, dari beberapa aspek seperti bentuk, ukuran, merk, dan lainnya, yang bisa berdampak pembeli merasa ditipu dengan produk kamu.

Baca juga: Tips Memaksimalkan Bisnis Online di Era Digital

Lupa Update Ketersediaan Barang

Jangan sampai pembeli sudah semangat membeli dan juga membayar, ternyata barang yang dibeli sudah tidak ada atau habis. Dikarenakan kamu lupa memperbarui ketersediaan barang platform berjualannya.

Jika hal itu terjadi, pembeli jelas kecewa karena harapan untuk bisa mendapatkan produk kamu menjadi pupus.

Tidak Ramah dan Lama Menanggapi Pembeli

Sebagai penjual kamu tidak boleh bosan bersikap ramah dalam menjawab berbagai macam hal yang berkaitan dengan produk yang kamu jual.  Apalagi jika pertanyaannya sudah dijelaskan di bagian deskripsi. Kamu tetap harus menjawabnya dengan baik, bahkan bisa digunakan untuk lebih meyakinkan pembeli.

Sedangkan dalam hal waktu menanggapi pertanyaan pembeli , sebaiknya jangan terlalu lama. Adanya pertanyaan dikarenakan pembeli masih ada keraguan akan produk yang kamu tawarkan. Jika terlalu lama, pembeli akan pindah ke toko online lain yang tanggap menjawab pertanyaan terkait produknya.

Setelah mengetahui penjelasan diatas, jangan sampai salah lagi Pintarian. Tapi bagi kamu yang baru berniat untuk mengawali bisnis online menggunakan platform e-commerce atau media sosial. Pintaria punya kursus prakerja yang bisa membuatmu lebih siap membuka usaha secara online. Dan pastinya materi yang diberikan berkualitas dan bermanfaat.

Untuk tahu lebih lengkapnya, kamu bisa langsung mengunjungi www.pintaria.com/kartuprakerja

Leave a Comment

Pintaria Blog
Upgrade Dirimu Sekarang!
No any image found. Please check it again or try with another instagram account.