Jenis Fobia yang Bisa Mengganggu Pekerjaan Kamu

Mungkin beberapa dari kamu memiliki fobia atau ketakutan berlebihan terhadap suatu hal.  Seperti fobia terhadap ular, laba-laba, anjing, dan lainnya yang merupakan hal umum  ada di masyarakat.

Akan tetapi, ada beberapa jenis fobia yang bisa menjadi masalah saat erat kaitannya dengan dunia kerja hingga kehidupan sosial. Simak yuk fobia apa saja yang bisa mengganggu pekerjaan kamu.

Fobia Sosial

Fobia sosial atau juga dikenal dengan gangguan kecemasan sosial merupakan ketakutan yang dialami akibat situasi sosial, dan biasanya terjadi saat berinteraksi atau berdekatan dengan orang yang tidak dikenalnya secara baik. 

Dilansir dari merdeka.com, bahwa ada yang mengasosiasikan fobia sosial dengan kesan pemalu dan tertutup, faktanya lebih dari itu.

Orang dengan fobia sosial akan sangat takut untuk berinteraksi sosial, bahkan efek buruknya bisa melemahkan hingga mengganggu kehidupan pribadinya.  Saking takutnya, orang yang mengalaminya akan mencoba menghindari situasi sosial dan menolak untuk meninggalkan rumah.

Fobia tersebut dirasakan akibat rasa takut terhadap penilaian orang lain, seperti dipermalukan atau dihina di depan orang lain.

Hal ini jelas akan menyulitkan untuk dunia kerja, apalagi jika pekerjaannya banyak berinteraksi dengan orang yang cenderung baru dikenal.

Claustrophobia

Claustrophobia merupakan rasa takut yang berlebihan terhadap ruangan yang sempit dan kecil, Seperti kamar, lift, atau ruang kerja.

Individu yang memiliki Claustrophobia  akan merasa cemas secara ekstrem yang mirip dengan serangan panik, dengan keinginan besar untuk keluar dari situasi tersebut secepat mungkin untuk menghilangkan rasa paniknya.

Orang yang mengalami Claustrophobia biasanya pernah mengalami peristiwa yang traumatis yang berkaitan dengan ruang sempit atau kecil, sehingga membentuk Claustrophobia  hingga ia dewasa .

Penderita fobia jenis ini jelas  akan menghadapi masalah jika harus bekerja di ruangan kerja yang bisa memicu Claustrophobia nya kambuh.

Untuk menanggulanginya , penderita Claustrophobia bisa mencari cara menyembuhkannya, atau berdiskusi dengan pihak kantor mengenai hal ini bila memungkinkan.

Baca juga:Takut Kerja Secara Berlebihan, Bisa Jadi Kamu Mengalami Ergophobia

Glossophobia

Glossophobia merupakan rasa takut yang terjadi saat berbicara di depan umum. Bagi kamu yang mengalami ini, tentu akan sangat merepotkan jika pekerjaan menuntut kamu untuk bisa berbicara di depan umum.

Dan kecemasan dan ketakutan yang biasa terjadi adalah perasaan gugup yang berlebihan hingga tidak dapat berbicara sama sekali.

Maka dari itu,  untuk orang glossophobia ada baiknya untuk mulai mencari pekerjaan yang tepat, khususnya dengan jenis yang memungkinkan tidak ada interaksi di depan umum, seperti presentasi dan lainnya.

Ergophobia

Dari beberapa phobia yang ada, inilah jenis yang tergolong paling memberikan efek yang kurang baik bagi kamu di dunia kerja.  Karena Ergophobia merupakan rasa takut atau kecemasan tinggi yang dirasakan terhadap pekerjaan. Orang Ergophobia akan takut dengan tanggung jawab pekerjaan dan sulit mengatasi emosinya.

Gejala lain yang juga mengganggu adalah sesak nafas, nyeri dada, keringat dingin, hiperventilasi, detak jantung tinggi, keringat dingin, gemetar, serta insomnia.

Tentu untuk orang yang mengalami Ergophobia, jelas membutuhkan pertolongan agar ketakutannya dengan pekerjaan bisa hilang dan bisa efektif menjalani tanggung jawabnya.

Dengan segala fobia yang telah dijelaskan sebelumnya. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk bisa mengatasinya. Dan hal tersebut bisa dilakukan sebagai upaya atau langkah yang bisa diambil, jika fobia yang dialami sudah mengganggu kehidupan sosial dan kerja kamu.

Leave a Comment

Pintaria Blog
Upgrade Dirimu Sekarang!
No any image found. Please check it again or try with another instagram account.