Jangan Panik! Tips Hadapi PHK saat Pandemi Covid-19

Kena pemutusan hubungan kerja atau PHK memang menjadi momen yang mengerikan. Saat perusahaan mengambil keputusan tersebut, membuat kamu kehilangan mata pencaharian yang menjadi andalan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Apalagi di situasi pandemi Covid-19 yang masih sangat tinggi seperti saat ini, dengan angka pemutusan kerja mulai meningkat. Tentu kamu harus bisa menerima keadaan dan mengubahnya ke arah energi positif untuk tetap positif.

Bahkan pemerintah membuat program kartu Pra Kerja sebagai alternatif bantuang dan juga kesempatan besar bagi kamu terkena dampak langsung dari Covid-19.

So, jangan panik ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan jika menjadi korban PHK, berikut diantaranya?

Tetap Tenang

Yup, tetap tenang merupakan langkah awal yang harus kamu jalani. Terlihat susah memang saat mendapatkan berita buruk untuk tetap tenang. Tapi pastikan kamu bisa mengusahakan sebaik mungkin, karena setiap langkah yang dilakukan setelahnya menjadi penting, sehingga akan menjadi petaka jika kamu melakukannya dalam keadaan panik.

Khususnya saat kamu pertama kali diberitahukan bahwa karir kamu berakhir oleh atasan atau HRD. Jangan marah, dan cobalah mendengar alasan perusahaan saat mengambil keputusan tersebut. Dan pastikan mendapatkan hak kamu sebagai pihak yang kena PHK.

Baca juga: Asah 5 Skill yang Banyak Dicari Perusahaan

Jangan Menyalahkan Diri Sendiri dan Orang Lain

Merasa tidak adil dengan keputusan yang didapatkan dari perusahaan. Kamu mencoba untuk menyalahkan beberapa pihak terkait kondisi tersebut adalah tindakan yang tidak tepat, karena akan membuatmu tidak fokus untuk menata kembali dan merencanakan secara matang, apa yang perlu dilakukan pasca PHK.

Biasanya setelah pengumuman PHK, kamu masih ada waktu untuk bekerja setidaknya selama sebulan. Manfaatkan waktu tersebut untuk mengerjakan tugas sebaik-baiknya. Karena bisa jadi, dengan kualitas kerja yang masih baik di sisa masa kerja, atasan dan rekan kerja bisa membantu dan merekomendasikan kamu ke perusahaan lain.

Cerdas Mengatur Keuangan

Dengan tidak lagi mendapatkan pemasukan yang rutin di tiap bulannya, maka kamu harus mulai mengatur keuangan dengan sangat teliti. Termasuk pengeluaran yang sifatnya hiburan atau gaya hidup, yang sementara menjadi dana tambahan untuk kebutuhan sehari-hari.

Melatih diri Sambil Mencari Tempat Baru

Bila sudah berada di posisi menganggur. Pastinya kamu mulai mencari berbagai kesempatan yang ada. Dengan teknologi yang ada saat ini, memungkinkan kamu untuk tidak terlalu repot untuk melamar pekerjaan ke beberapa perusahaan dalam satu hari.

Alternatif lainnya yang bisa kamu ambil, yakni mencoba berkarir sebagai freelance. Walau secara pemasukan tidak fix, tapi ini bisa menjadi napas bantuan yang setidaknya bisa membantumu sedikit dari segi finansial.

Dan jangan lupa saat melamar kerja, pastikan sudah terlebih dahulu merapikan CV dan lamaran kerja kamu, agar terlihat menarik dan jelas. Dan seiring waktu mulailah untuk menambahkan skill atau kemampuan kamu, yang bisa secara offline dan online seperti yang ada di Pintaria yang menyediakan beragam skill penting untuk kamu.

Dengan begitu, kamu akan terlihat lebih menonjol dibandingkan pelamar lain di mata user nantinya.

Dukungan Orang Terdekat & Mengejar Mimpi

Hal yang juga bisa membuatmu tetap bersemangat adalah mendapatkan dukungan penuh dari orang terdekat, seperti keluarga dan teman. Jangan malu untuk menceritakan kondisimu, karena bisa jadi mereka bisa membantu merekomendasikan atau setidaknya dukungan moril yang punya manfaat lebih agar kamu jauh dari kata putus asa.

Di sisi lain, momen PHK dan menganggur bisa menjadi  waktu untuk merefleksikan diri akan terhadap karir dan mimpi kamu selama ini. Apakah kamu tetap berusaha untuk kembali bekerja di perusahaan yang mirip? Atau kamu punya mimpi lain, yang sempat terhambat untuk kamu raih, seperti buka usaha dan lainnya.

Mencoba Program Kartu Pra Kerja

Dengan kondisi seperti saat ini, kamu bisa juga menjadi bagian dari program kartu Pra Kerja, karena melalui program ini, kamu bisa mendapatkan pelatihan gratis senilai Rp1 juta dari Pintari dan insentif sebesar RP600 ribu selama 4 bulan.

Sebuah kesempatan yang sayang banget untuk kamu lewatkan.  Bila kamu tertarik, daftarkan diri kamu di www.prakerja.go.id dan informas lebih lanjut terkait Kartu Pra Kerja dapat pula dilihat di pintaria.com/kartuprakerja.

Leave a Comment

Pintaria Blog
Upgrade Dirimu Sekarang!
No any image found. Please check it again or try with another instagram account.