Jangan Minder, 5 Kelebihan Memiliki Kepribadian Introvert

Seorang introvert adalah sosok yang lebih menyukai kesendirian, dikenal tertutup, dan juga pendiam. Sifat-sifat inilah yang menyebabkan muncul stigma di masyarakat. Misalnya saja seperti penilaian bahwa introvert adalah orang yang sombong, kesepian, banyak masalah, dan lain sebagainya. Faktanya, hal tersebut tidak sepenuhnya benar lho Pintarian.

Bahkan bila kamu merasa seorang introvert, ternyata banyak kelebihan yang kamu miliki. Berikut 5 kelebihan yang dimiliki oleh seorang introvert:

Mandiri

Seperti yang kita tahu, seorang introvert enggak terlalu senang jika berkumpul dengan banyak orang. Sehingga ia cenderung melakukan segala hal sendiri. Misalnya bekerja sendirian, belajar sendirian, dan lain sebagainya. Oleh karena itulah introvert juga dikenal sebagai sosok yang mandiri dan enggak bergantung pada orang lain.

Baca juga:Gangguan Mental yang Rentan Dialami Anak Milenial

Pendengar yang Baik

Introvert memang enggak terlalu senang mendominasi percakapan. Sehingga seorang introvert lebih sering menjadi sisi pendengar. Karena itulah introvert merupakan seorang pendengar yang baik. Bahkan seorang peneliti dari Harvard Business School menemukan bahwa introvert bisa menjadi pemimpin yang baik karena mau mendengarkan pendapat orang lain.

Memiliki Perencanaan yang Baik

Jika merencanakan sesuatu, seorang introvert akan selalu mempersiapkannya dengan matang. Ia selalu memastikan semuanya berjalan dengan baik dan enggak akan merepotkan dirinya sendiri. Seorang introvert juga cenderung berpikir jangka panjang dan melihat dari banyak sisi sebelum bertindak.

Seorang Pemikir

Seorang introvert juga dikenal memiliki dunianya sendiri. Mereka senang bermain-main dengan imajinasi dan pikirannya. Sehingga mereka pun cenderung memiliki pikiran kreatif dan out of the box walaupun enggak pandai mengekspresikan diri. Seorang introvert selalu punya ide-ide yang menarik dan inovatif. Selain itu, pemikiran mereka yang tajam juga membuat introvert pandai dalam mengambil keputusan dengan tepat.

Pemimpin yang Bijak

Karena sifatnya yang cenderung pendiam, banyak yang berpendapat bahwa introvert enggak bisa menjadi seorang pemimpin. Padahal, seorang introvert bisa menjadi pemimpin yang bijak lho! Bahkan beberapa tokoh seperti Bill Gates, Abraham Lincoln hingga Mahatma Gandhi merupakan orang introvert. Mereka dikenal sebagai orang-orang yang sukses memimpin perusahaan, negara hingga membuat pergerakan revolusi.

Jadi bagaimana Pintarian, banyak kan kelebihannya? Maka dari itu, bila kamu merasa sebagai pribadi yang introvert, tidak perlu malu atau minder, karena kamu juga memiliki kelebihan yang keren dalam menjalani kehidupan sosial, pendidikan, dan pekerjaan.  

Leave a Comment

Pintaria Blog
Upgrade Dirimu Sekarang!
No any image found. Please check it again or try with another instagram account.