Dunia kerja memiliki kehidupan yang berbeda dengan lingkungan kuliah maupun rumah. Di kantor, seorang pekerja tidak hanya dituntut sebagai pribadi yang pintar secara teknikal tapi kamu juga harus menguasai soft skill. Nah soft skill ini hanya bisa dilatih lewat perilaku sehari-hari dan tidak ada mata kuliahnya.

Apa saja sih kemampuan soft skill yang harus dikuasai fresh graduate?

  1. Keahlian berkomunikasi

Penyampaian komunikasi yang tidak tepat bisa menimbulkan banyak masalah di kantor. Seringkali masalah yang kecil bisa jadi besar karena kesalahan komunikasi. Maka kamu harus pandai dalam mengolah kata-kata agar maksud dan tujuan jelas tersampaikan. Hindari penyampaian komunikasi yang setengah-setengah dan tidak jelas asalnya, karena dapat menimbulkan banyak tanda tanya. 

  1. Pengendalian emosi

Di kantor kamu akan berinteraksi dengan orang-orang yang memiliki beragam sifat. Nggak akan semuanya bisa cocok dan benturan-benturan kecil pasti akan terjadi. Di sinilah skill pengendalian emosi berperan. Belajarlah untuk menerima segala tindakan dengan positif dan jangan mudah memperlihatkan emosi. Semakin kamu terlihat emosi, maka akan semakin kacau pekerjaan dan hubungan profesionalitas yang telah dibangun. 

  1. Manajemen Waktu

Sepintar apapun, tapi kalau suka telat, wah siap-siap jadi bahan omelan deh! Perusahaan juga butuh karyawan yang menghargai waktu lho. Karena kalau nggak bisa konsisten dengan waktu, semua pekerjaan akan terhambat dan tidak selesai sesuai deadline. Perusahaan pasti tidak mau merugi karena memiliki karyawan yang suka telat. 

  1. Inisiatif saat memecahkan masalah

Masalah besar maupun kecil pasti selalu ditemui. Kamu harus ingat kalau nggak semua orang di kantor bisa menemani saat kamu terjebak di dalam masalah. Logika dan inisiatif harus berjalan agar kamu bisa keluar dari masalah itu sendiri. Jangan takut salah, lebih baik salah namun ada tindakan daripada hanya berdiam diri.

Jadi gimana, Pintarian yang baru lulus kuliah nih? Sudah siap untuk menghadapi dunia dan tantangan baru di lingkungan kerja?

(sumber: duniakaryawan.com)