Belajar Data Science sangat diperlukan di era globalisasi dengan perkembangan dunia digital yang sedemikian pesat. Pada dasarnya, memang mempelajari sebuah ilmu yang baru tidak akan menyebabkan kerugian. Khusus untuk kamu yang belajar Data Science, kesempatan begitu terbuka dan di depan mata.

Di sisi lain, profesi Data Analyst sedang tumbuh berkembang dengan pesat menjadi salah satu profesi paling diperlukan di abad ke-21. Tentu saja hal itu membuat persaingan yang ketat dan kompetitif. Meski begitu, ada kiat-kiat tertentu yang bisa kamu coba agar bidang ilmu ini bermanfaat tidak hanya untuk diri sendiri namun juga bagi komunitas dan bahkan kelompok sosial yang memberi dampak positif.

Satu hal yang penting untuk dipahami dengan benar adalah apakah perbedaan antara Data Science dengan Data Analyst?

Seorang Data Analyst bekerja mengolah gunungan data yang terangkum setiap hari secara acak dan tidak beraturan. Tugas utamanya adalah mengolah data itu kemudian menampilkannya dalam bentuk sederhana yang mudah dipahami dan menjadi acuan atau referensi bagi pengambilan keputusan bisnis.

Sementara itu, Data Science merupakan ilmu yang memproses algoritma data dan sistem untuk menyaring informasi yang diperlukan untuk diolah. Pada tahun 2012, Harvard Business Review menyebut profesi Data Scientist sebagai the sexiest job of the 21st Century. Nah kebayang kan bagaimana pentingnya belajar Data Science untuk masa depan?

Yang menarik, mereka yang belajar Data Science seringkali menggunakan istilah dan terminologi yang muncul di publik bersanding dengan konsep-konsep yang lebih dulu populer seperti Business Analytics, Business intelligence, dan Statistics.

Dengan segala perbedaannya, kamu yang belajar Data Science juga punya peluang besar menjadi seorang Data Analyst lho! Kamu akan sangat terbantu oleh cepatnya arus informasi sehingga tren yang berkembang di dunia teknologi bisa kita dapatkan dengan mudah.

Kamu cukup memulai belajar dengan menguasai tiga ilmu dasar yaitu ilmu matematika dasar dan statistik. Kedua, kamu harus belajar Ilmu Ekonomi dan Manajemen Bisnis, dan ketiga, kamu perlu menguasai tren teknologi terkini yang terus di-update dengan perkembangan zaman. Dengan menguasai tiga ilmu dasar ini, kamu akan punya modal kuat untuk mengembangkan belajar Data Science ke tingkat yang lebih maksimal.

Yuk ikutan kursus Data Science di pintaria.com sekarang juga