Ingin Resign di Situasi Pandemi, Pertimbangkan Dulu 5 Hal Ini

Mengundurkan diri dari pekerajaan kamu atau resign, memang terkesan menjadi keputusan yang kurang bijak mengingat kondisi Indonesia di masa pandemi. Apalagi dengan banyaknya korban pemutusan hubungan kerja yang begitu banyak. Tentu dengan masih memiliki pekerjaan, menjadi sebuah keberuntungan yang belum tentu dimiliki orang lain.

Maka dari itu Pintarian, bila kamu ingin mengundurkan diri atau pindah kerja ketempat lain. Ada beberapa pertimbangan yang bisa kamu ambil untuk lebih meyakinkan diri, apakah perlu resign atau pindah kerja?

Pahami tujuanmu resign

Resign merupakan suatu keputusan yang tidak bisa kamu lakukan tanpa pertimbangan. Hal pertama yang harus kamu ketahui sebelum memutuskan untuk resign adalah tujuanmu. Apa yang membuatmu berpikir untuk resign dari tempatmu bekerja saat ini? Sebab, jika kamu mengetahui dengan jelas apa tujuanmu untuk resign, kamu akan tahu peluang apa yang benar-benar terbaik dan tantangan apa yang layak untuk kamu lalui.

Rencana ke depan

Sebelum memutuskan untuk resign, sebaiknya kamu perlu mempersiapkan diri sejak dini. Buatlah rencana apa yang ingin kamu lakukan ke depannya setelah resign. Hal ini sangat penting untuk kamu lakukan mengingat persaingan di dunia kerja sudah semakin kompetitif. Jangan sampai setelah resign kamu malah kebingungan dan tidak tahu harus melakukan apa.

Apabila kamu resign karena sudah mendapatkan kerja baru, pastikan bahwa perusahaan tersebut dalam keadaan sehat atau setidaknya memiliki kondisi keuangan dan juga lingkungan kerja yang baik.

Jangan sampai nanti, kamu malah menyesal dan merasa di situasi yang lebih membuatmu stres.

Baca juga: Perilaku Tak Baik yang Harus Dihindari di Dunia Kerja

Jangan resign hanya karena tidak rukun dengan rekan kerja

Memutuskan untuk resign hanya karena tidak akur dengan rekan kerja adalah salah satu alasan yang sangat buruk. Sebab, tidak ada jaminan bahwa kamu tidak akan bermasalah dengan rekan kerjamu di tempat kerja yang baru. Jadi, kalau kamu sedang mengalami hal ini, cobalah pikirkan secara matang. Carilah solusi lain untuk mengatasi hal-hal semacam ini. Hal tersebut akan lebih baik dibandingkan dengan langsung memutuskan resign saat bertentangan dengan rekan kerja.

Kesiapan mental

Mempertimbangkan kesiapan mental juga perlu kamu pikirkan lho, Pintarian! Coba pikirkan apakah kamu bisa tetap survive ketika sudah resign dari tempatmu bekerja sekarang. Jangan sampai setelah kamu mengambil keputusan untuk resign, kamu malah stres karena tidak mampu beradaptasi dengan perubahan kondisi. Jadi, yakinkanlah dirimu terlebih dulu sebelum mengambil keputusan.

Diskusikan dengan keluarga atau sahabat

Saat kamu sedang bimbang untuk mengambil keputusan, cobalah untuk mendiskusikan hal ini dengan keluarga atau sahabatmu. Kumpulkan semua pendapat dan saran yang kamu dapatkan. Dengan begini, kamu akan mendapatkan banyak pandangan yang membantumu untuk memilih pilihan yang terbaik. Saringlah keputusan yang paling tepat dan bijak. Sebab keputusan akhir tetap ada di tanganmu.

 

Leave a Comment

Pintaria Blog
Upgrade Dirimu Sekarang!
No any image found. Please check it again or try with another instagram account.