Kuliah Pertanian merupakan minat yang semakin langka terutama bagi mereka yang lahir dan tumbuh di kota besar. Maklum, lahan untuk mengaplikasikan ilmu yang dipelajari semakin lama semakin terbatas. Industri besar juga semakin terbatas mengingat hampir semua hal berkaitan dengan kerja pertanian mulai digantikan oleh mesin.

Namun, apakah ilmu yang didapatkan itu memang benar-benar tidak lagi dibutuhkan di masa depan? Jangan salah lho, kuliah Pertanian memiliki prospek yang tak kalah menjanjikan dengan program studi lain seperti Teknik Informatika dan Manajemen. Selain itu, kebutuhan tenaga ahli di bidang Pertanian merupakan sesuatu yang mutlak karena salah satu sektor kunci perekonomian Indonesia adalah sektor Pertanian!

Kuliah Pertanian memerlukan minat dan passion besar yang peka dengan perkembangan teknologi. Di era industri 4.0 ini, posisi Indonesia hanya di bawah Brazil untuk urusan kekayaan alam serta komoditas pertanian dan peternakan. Minat dan passion kamu nantinya akan berguna untuk mengolah sekitar 8 juta Hektar, menurut data tahun 2013.

Nah, apa saja sih bidang-bidang yang menarik dan perlu ditekuni oleh kamu yang kuliah Pertanian?

Agroteknologi

Bidang ini merupakan salah satu bidang paling utama jika kamu kuliah Pertanian di era globalisasi. Ilmu gabungan yang mempelajari ilmu tanah, ilmu kimia, serta dunia tumbuhan ini akan menyiapkan kamu menjadi ahli yang memiliki kreativitas dan inovasi di berbagai sektor berkaitan dengan pengolahan alam.

Program studi ini cocok untuk kamu yang menyukai bidang botani pengolahan tumbuhan. Di luar itu, kamu juga akan mempelajari sisi sosial, budaya, ekonomi, lingkungan, dan tentu saja, teknologi.

Konservasi

Salah satu program studi paling menjanjikan di masa depan adalah Konservasi Sumber Daya hutan dan Ekowisata. Di bidang ini, kamu akan menjadi andalan bagi kehidupan alam yang memerlukan kerja penyelamatan, perlindungan, sert pengelolaan yang profesional. Banyak hal bisa dilakukan untuk mengembangkan bidang ini dan potensinya akan menjadi andalan negara dalam berbagai usaha mengatasi permasalahan ekonomi.

Manajemen Sumber Daya

Salah satu sumber daya yang paling penting dalam ilmu pertanian adalah sumber daya lahan atau tanah. Untuk menjaganya agar tetap memberikan manfaat sampai di masa depan dan seterusnya, diperlukan sebuah manajemen yang baik. Untuk itulah kuliah pertanian mempelajari ilmu tata guna lahan, perencanaan pengembangan wilayah, konservasi tanah, rehabilitasi lahan, dan lain-lain.