Ingin 4 Hal Ini, Kamu Cocok Kuliah Blended Learning

Mencari tempat kuliah yang tepat, memang tidak boleh dianggap remeh. Kualitas tempat dan pendidikan. Tentu harus menjadi pertimbangan kamu sebelum memilih. Tapi di luar berbagai pertimbangan dan alasan. Ada satu aspek yang bisa menjadi faktor saat kamu memilih kampus, yakni metode perkuliahan yang diberikan.

Setidaknya, untuk saat ini ada tiga metode yang sudah tersedia di Indonesia yaitu offline , campuran, dan 100% Online.

Untuk yang offline, merupakan metode yang sudah tidak asing. Dimana kamu kuliah layaknya seperti sekolah, ada jadwal kuliah yang sudah fix untuk kamu patuhi dengan perkuliahan yang dilakukan di kampus.

Sedangkan kuliah 100% online, lebih memfokuskan semua pembelajarannya secara online tanpa harus mahasiswanya pergi ke kampus. Keunggulan dari metode ini, yang paling dirasakan adalah tidak adanya batasan tempat untuk kamu bisa kuliah. Luar kota atau luar negeri, cara ini sangat fleksibel.

Sedangkan untuk campuran atau yang dikenal dengan nama blended learning, merupakan perpaduan keduanya. Dimana kamu menjalani kuliah secara online, dengan tetap  menghadirkan perkuliahan offline atau tatap muka, setidaknya seminggu sekali.

Diantaranya ketiganya, Pintaria mau memfokuskan pada metode blended learning. Khususnya dilihat dari kebutuhan dan karakter dari calon mahasiswa yang cocok menggunakan blended learning saat menjalani kuliah. Ini dia diantaranya:

Ingin Kuliah sambil Kerja

Hal pertama yang mungkin menjadi opsi utama adalah untuk kamu yang sudah bekerja atau ingin menjalani kuliah sambil kerja. 

Bila menggunakan perkuliahan secara offline atau tatap muka. Hal ini jelas akan lebih menguras tenaga kamu.

Dimana setelah pulang kerja, kamu dipaksa untuk pergi ke kampus untuk menjalani perkuliahan. Bagus kalau kampusnya dekat, tapi akan menjadi masalah jika jarak yang ditempuh ternyata jauh atau melawan arah dari jalur kamu pulang.

Hal ini bisa menjadi masalah besar terhadap kesehatan fisik  dan mental kamu nantinya. Nah, dengan blended learning, kamu bisa kuliah di rumah sepulang kerja atau tempat lain yang memungkinkan kamu bisa nyaman menjalani perkuliahan.

Baca juga: Tips Sukses Belajar Metode Blended Learning

Lebih Hemat Biaya

Hal ini masih berkaitan dengan penjelasan sebelumnya. Jika kamu harus ke kampus tiap hari tentu ada biaya yang perlu kamu keluarkan untuk transportasi atau bahan bakar jika kamu membawa kendaraan pribadi. Sedangkan blended learning, kamu bisa lebih hemat pengeluaran, karena kuliah bisa dilakukan di rumah.

Selain itu, blended learning umumnya memiliki biaya kuliah yang lebih terjangkau dibandingkan kuliah reguler. Seperti beragam kampus yang menjadi mitra Pintaria, yang tidak hanya memiliki biaya yang lebih bersahabat, tapi juga kemudahan pembayaran yang bisa dicicil.

Ingin Punya Kebebasan yang Lebih

Melalui blended learning, maka kamu memiliki kebebasan untuk memilih tempat dan jadwal kuliah yang sesuai aktivitas kamu. Sehingga tidak lagi terjebak untuk ke kampus tiap hari dengan jadwal yang sudah fix, yang sulit membuat kamu untuk mencari kerja sampingan, bersosialisasi, hingga liburan.

Hal ini dikarenakan akses materi kuliah yang diberikan mudah dan bebas untuk kamu akses, kapan dan di mana saja.

Tetap Ingin Bertemu dengan Teman Kuliah

Inilah yang menjadi keunggulan dari blended learning atau campuran. Walau sebagian besar perkuliahan dilakukan secara online. Setidaknya seminggu sekali, kamu tetap harus ke kampus untuk menjalani perkuliahan offline.

Dengan begitu kamu tidak kehilangan momen untuk bersosialisasi dengan teman kampus dan juga sekaligus merasakan suasana perkuliahan secara offline.

Bagaimana Pintarian? Dari penjelasan diatas, apakah kamu termasuk ke dalam 4 kategori tersebut. Bila iya, tidak ada salahnya kamu menjalani perkuliahan secara blended learning.

Apabila berminat kamu bisa cek langsung di sini.

Leave a Comment

Pintaria Blog
Upgrade Dirimu Sekarang!
No any image found. Please check it again or try with another instagram account.