Kamu tentu sudah tahu kan kalau Manajemen, Akuntansi dan IT adalah jurusan-jurusan yang banyak diminati oleh calon mahasiswa baru. Alasan memilih jurusan-jurusan tersebut tentu saja karena prospek kerja yang cerah untuk lulusannya.

Nah melalui artikel ini Pintaria ingin membagikan beberapa informasi mengenai profesi-profesi yang bisa kamu pilih jika kamu lulusan jurusan Manajemen Akuntansi dan Teknologi Informasi (IT). Cari tahu selengkapnya yuk apa saja profesi yang tersedia buat kamu!

Manajemen

Ilmu Manajemen termasuk dalam salah satu penjurusan dari ilmu Ekonomi. Jurusan ini sendiri memiliki cakupan ilmu yang sangat luas. Pilihan pekerjaannya yang bisa kamu pilih setelah lulus pun beragam, tidak berhenti di dunia manajerial saja. Berikut beberapa profesi lain yang bisa kamu pertimbangkan:

  • Konsultan Bisnis

Banyak lulusan Manajemen yang mencoba karier di bidang konsultan bisnis. Pekerjaan ini memiliki banyak peluang karena baik perusahaan besar maupun startup tentu memerlukan sistem manajemen yang baik.

  • Marketing

Ilmi Manajemen sedikit banyak berfokus pada cara pengelolaan produk, periklanan, target pasar dan lain sebagainya. Akan tetapi tampaknya secara khusus dunia Marketing terasa lebih dinamis. Tak heran kalau banyak lulusan Manajamen yang kemudian memilih untuk menekuni bidang Marketing.   

  • Human Resources

Salah satu konsentrasi ilmu yang ada di Manajemen adalah Sumber Daya Alam (SDM). Ya, sesuai dengan namanya, lulusan Manajemen yang mengambil konsentrasi di SDM sangat cocok dengan pilihan Human Resources atau HRD.

Akuntansi

Menurut Kemenristek, jurusan Akuntansi berada di urutan kedua yang paling banyak dipilih peserta ujian SBMPTN 2017 setelah jurusan Manajemen. Bukan tanpa alasan, hal ini terjadi karena anggapan tentang prospek masa depan cerah masih melekat pada mahasiswa jurusan Akuntansi.

Karier di bidang Akuntansi bisa dibilang menjadi impian banyak orang. Selain memiliki prospek menjanjikan, peningkatan karier bisa terjamin. Ditambah lagi, peluang kerja untuk bidang Akuntansi sangat luas dan terbuka lebar.  Tak heran, jurusan Akuntansi banyak dipilih oleh calon mahasiswa yang akan melanjutkan kuliahnya. Cari tahu yuk apa saja jenis pekerjaannya!

  • Akuntan

Yep sesuai dengan nama jurusannya, salah satu pekerjaan favorit para lulusan Akuntansi adalah Akuntan. Untuk Akuntan sendiri, banyak jenis yang bisa kamu pilih mulai dari Akuntan publik, Akuntan pemerintah dan masih banyak lagi.

  • Auditor internal

Auditor internal bekerja langsung dalam perusahaan yang bertugas memeriksa atau mengaudit apakah manajemen telah melakukan tugas dan fungsinya secara efisien. Kalau kamu tertarik menjadi auditor internal, kamu harus memiliki sifat jujur dan integritas yang tinggi untuk memastikan tidak adanya penyimpangan pada laporan keuangan perusahaan.

  • Konsultan pajak

Jika kamu tertarik di dunia perpajakan, kamu bisa coba untuk menjadi konsultan pajak. Dengan menjadi konsultan pajak, kamu bisa membantu perusahaan untuk memenuhi kewajibannya sebagai perusahaan yang taat pajak sesuai dengan peraturan Undang-Undang Perpajakan.

IT

Di zaman yang semakin maju, keahlian yang dimiliki oleh lulusan IT sangat dibutuhkan untuk banyak perusahaan. Tak heran jurusan IT atau biasa juga disebut Teknik Informasi juga menjadi salah satu jurusan yang paling banyak digemari oleh para calon mahasiswa baru.

Tetapi Pintarian, tahukah kamu apa saja pekerjaan yang bisa kamu dapatkan setelah lulus dari kuliah? Ternyata ada banyak banget pekerjaan yang sama berprospek untuk kamu lho. Simak yuk apa saja!

  • IT consultant

IT consultant bertugas menerapkan teknologi informasi dalam perencanaan, pelaksanaan, hingga evaluasi di suatu organisasi. Secara spesifik, IT consultant juga menjadi spesialis teknis yang fokus dalam mengintegrasikan teknologi informasi dalam bisnis serta memberi saran atau konsultasi pada klien dalam penggunaan teknologi informasi secara efisien untuk mencapai suatu tujuan dan target.

  • System analyst

Tidak sedikit pula lulusan IT bekerja sebagai System Analyst, yaitu seseorang yang menggunakan komputer dan sistem terkait untuk mendesain solusi dalam teknologi informasi, memodifikasi, meningkatkan, atau mengadaptasi sistem yang ada dan mengintegrasi fitur-fitur dan peningkatan baru, untuk tujuan efisiensi dan produktivitas bisnis.

Gimana Pintarian? Udah ada bayangan belum kamu mau mengambil jurusan apa? Di kampus Mitra Pintaria, kami menyediakan pilihan jurusan Manajemen, Akuntansi dan IT  yang bisa kamu pilih. Mau tahu apa saja pilihan kampusnya? Yuk cek selengkapnya di sini Pintarian!